ArenaLTE.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris Raya, smartphone kalahkan laptop dalam penggunaan untuk mengakses jejaring raya.  Perubahan ini didorong oleh keinginan konsumen yang lebih besar dalam melahap konten video dan dukungan jaringan 4G. Dalam setahun terakhir ini makin banyak orang yang menjelajahi Youtube dan Netflix untuk sumber hiburan mereka, dan tentu saja menikmatinya dari smartphone jauh lebih ringkas dari membuka laptop.

Ofcom Skotlandia, perusahaan pengamat pasar, mengatakan sekitar 37% dari responden sebagian besar menggunakan ponsel untuk tergabung dalam internet, dibandingkan dengan 26% untuk laptop dan 27% untuk tablet. Smartphone mengalahkan laptop berkat kecintaan generasi muda Inggris akan perangkat mobile ini. Bahkan setengah dari pengguna internet antara usia 16-34 tahun mengatakan smartphone adalah perangkat yang paling penting dalam hidup mereka.

Smartphone saat ini bertanggung jawab atas sepertiga dari akses internet, naik 23% dari tahun 2014. Laporan Data Komunikasi Ofcom 2015 itu menunjukkan keberhasilan smartphone kalahkan laptop, menjatuhkannya menjadi hanya 30% laptop digunakan untuk online selama 2015.

Dua-pertiga orang diatas usia 18 tahun di Inggris saat ini memiliki smartphone, naik 39% dibanding pada tahun 2012, dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk online telah meningkat menjadi satu jam dan 54 menit per hari. Jelas hal ini telah membuat smartphone kalahkan laptop sebagai gadget utama untuk mengarungi dunia maya.

Namun perbedaan besar dari laporan tahun sebelumnya adalah pada jumlah pelanggan 4G. Langganan ke layanan internet mobile kecepatan tinggi naik delapan kali lipat dari 2,7 juta pada kuartal terakhir 2013 menjadi 23,6 juta pada kuartal terakhir tahun 2014. Teknologi 4G memungkinkan layanan konten video dan streaming untuk ditonton di handset,  tanpa buffering, menjengkelkan dan yang mengarah ke perbedaan besar dalam cara orang menggunakan smartphone mereka: hampir dua pertiga (62%) dari pemilik ponsel 4G mengatakan pada Ofcom mereka tidak bisa hidup tanpa smartphone.

Tidak hanya smartphone kalahkan laptop dalam hal penggunaan. Tablet juga mengalami kenaikan serupa, naik menjadi 19% pada tahun 2015, dari 15% pada tahun 2014 dan 8% pada tahun 2013.