Tepat tanggal 1 April 2015 yang lalu, XL Axiata resmi memiliki bos baru. Dialah Dian Siswarini yang menggantikan posisi Hasnul Suhaimi sebagai Direktur Utama sekaligus CEO. Dalam sejarah belasan tahun berdiri, baru kali ini dinakhodai oleh seorang wanita. Membuktikan bahwa kaum hawa pun sanggup menjalankan peran berat yang biasanya dipegang laki-laki.

Seperti mendapatkan momentum, tidak lama berselang, operator yang identik dengan warna biru ini meluncurkan layanan baru bertajuk Sisternet. Gerakan sosial ini didedikasikan untuk memajukan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan internet.

Gerakan sosial ini juga diwujudkan XLdengan menyediakan aplikasi SISTERNET, yaitu aplikasi layanan dengan beragam manfaat yang ditujukan bagi kaum perempuan. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang semuanya memfasilitasi kebutuhan utama perempuan, seperti antara lain untuk berbagai tips kesehatan, karir, informasi gaya hidup, informasi kehidupan berkeluarga, belanja, kecantikan dan sebagainya. Berikut ini review ArenaLTE.com mengenai layanan Sisternet.
Setup

Proses instalasi cukup mudah digunakan, pengguna hanya men-download aplikasi dari PlayStore kemudian sistem akan secara otomatis melakukan instalasi dengan sendirinya. Perlu diketahui, saat menjalankan aplikasi Sisternet, nomor pengguna GSM operator XL akan secara otomatis terdeteksi, dan pengguna akan diminta persetujuan mengenai beberapa ketentuan yang ditetapkan perusahaan.

Untuk instalasi pertama kali, pengguna akan dibebaskan biaya tarif penggunaan selama 30 hari. Namun, setelah itu pengguna akan dikenakan biaya tarif akses sekira Rp5.000 per bulan yang akan otomatis memotong pulsa yang ada.

Perbedaan untuk pengguna premium atau berbayar dengan gratis, adalah previlege penggunaan aplikasi yang bisa mengakses konten khususnya. Seperti halnya artikel-artikel khusus yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar saja. Lainnya adalah point yang bisa ditukarkan dengan hadiah atau promo khusus, seperti halnya komen maupun membuat thread sendiri akan mendapatkan point tambahan.

Features

Sistem pemilihan menu aplikasi, dibuat dengan menu downlink yang dapat diakses pada ikon garis putus di sebelah kiri tampilan. Saat mengakses ikon tersebut, pengguna akan menemukan ikon gambar profil pribadi, serta sejumlah deretan menu yang tersusun rapih ke bawah. Beberapa menu pilihan tersebut adalah home, promotion, infotaiment, video tips, forum, games, periode calender, dan setting.

Satu hal yang tersembunyi dari aplikasi sisternet adalah iklan promosi terselubung, meski tidak disajikan dalam tampilan laman yang besar. Namun, tawaran diskon maupun promo produk yang ditampilkan dalam banner, seperti menjadi satu trik yang cukup menggoda bagi kaum hawa untuk berbelanja Online.

Selayaknya sebuah sajian aplikasi informatif berbasis internet dalam sebuah forum, pengguna akan mendapatkan sajian informasi, tips, video tips, game, dan sistem belanja Online dalam aplikasi yang bisa diakses langsung. Selain itu, pengguna juga bisa membuat sebuah thread atau tulisan tentang informasi yang bisa disajikan untuk diri sendiri, maupun disiarkan dalam komunitas Sisternet.

Value

Perlu diakui bahwa aplikasi sisternet memang cukup memiliki tampilan dan fitur yang menarik, namun sayangnya untuk menikmati aplikasi lebih premium secara terus menerus pengguna akan dikenakan biaya akses. Hal tersebut membuat tambahan biaya lainnya diluar dari berlangganan akses internet operator.

Tarif biaya Rp5.000 per bulan yang ditetapkan oleh perusahaan, sepertinya sebanding dengan manfaat dari aplikasi yang diberikan. Selain lebih informatif, aplikasi juga terasa lebih edukatif bagi para pengguna internet wanita. Seperti halnya tips disajikan dalam dua konten yang berbeda, yakni berbasis teks dan video langsung.

Aplikasi sangat informatis, sajian tips ditampilkan dengan bahasa yang menarik dan pilihan video yang kemungkinan lebih mudah dipahami. Selain itu, sisternet juga bisa menjadi laman atau aplikasi pokok untuk mencari beberapa bantuan informasi edukatif seputar kesehatan, periode bulanan wanita, maupun hal lainnya yang cukup membantu.

Kualitas

Overall, kami menyukai desain userinterface dan menu yang disajikan oleh pengembang. Aplikasi sisternet cukup membantu untuk berbagi maupun mendapatkan informasi secara langsung. Namun sayang, beberapa akses menu masih mengalami sedikit kendala. Pasalnya, tombol back yang ada dalam aplikasi tidak membawa menu kembali sebelumnya, namun justru kembali langsung homescreen.