Ada saja cara untuk menggunakan Wi-Fi melebihi sekadar akses ke jejaring internet. Professor Yasamin Mostofi dari UC Santa Barbara telah menunjukkan bahwa sinyal WiFi dapat digunakan untuk menghitung jumlah orang dalamsatu ruang. Ini dapat digunakan dalam aplikasi yang beragam, dari efisiensi energy hingga search and rescue.

‘Pendekatan kami dapat memperkirakan jumlah orang yang tengah berjalan di satu area, berdasarkan pengukuran daya yang diterima dari link WiFi, “ujar Mostofi, seorang professor teknik listrik dan komputer. Pendekatan ini tidak memerlukan orang untuk membawa perangkat telekomunikasi dengan WiFi untuk dapat masuk dalam hitungan.

Para peneliti menempatkan dua kartu WiFi di kedua tepi daerah sasaran, di dalam ruang sekitar 70 meter persegi. Dengan hanya menggunakan pengukuran daya yang diterima dari hubungan antara dua kartu, mereka dapat memperkirakan jumlah orang yang berjalan di daerahitu.

Hasil penelitian ini memiliki potensi untuk pengaplikasi yang beragam. Misalnya, kemampuan untuk memperkirakan jumlah orang dalam ruang yang diberikan dapat digunakan dalam smart home, sehingga AC dan pemanas dapat disesuaikan sesuai jumlah orang yang ada di dalam satu ruangan.

Sebelumnya Mostofi terlibat dalam penelitian pencitraan benda atau manusia stasioner melalui dinding dengan sinyal WiFi, dan Ia berencana untuk akhirnya menggabungkan dua proyek tersebut di masa depan.