ArenaLTE.com – Seiring kian optimalnya jaringan 4G LTE, para pengamat telekomunikasi telah memprediksi lonjakan trafik pada VoLTE (Voice over Long Term Evolution) dan IoT (Internet of Things). Mengantisipasi hal tersebut, Nokia pada 29 Juni lalu telah meluncurkan Dyanamic Diameter Engine (DDE), yakni Solusi berbasis cloud yang menyederhanakan, melakukan skala prioritas dan mengamankan kontrol lalu lintas jaringan mobile dan fixed network.

Nokia DDE adalah solusi virtualisasi pertama di industri telekomunikasi yang menggabungkan Nokia’s Agile Rules Technology (ART). Solusi ini didukung oleh lebih dari 150 paten, ART membantu operator seluler menerapkan aturan cerdas dan memastikan kinerja dalam skenario kontrol sinyal yang kompleks. DDE berperan sebagai “polisi lalu lintas,” Nokia DDE mempersiapkan jaringan untuk peningkatan hal-hal terhubung dan aplikasi baru yang kompleks. Mesin ini akan mengurangi biaya operasional dengan memungkinkan operator untuk segera membuat dan memodifikasi berbagai aturan.

Nokia DDE dapat berjalan pada rak hardware komersial, dan dirancang untuk dijalankan pada jaringan cloud. Hal ini terintegrasi dengan Nokia’s CloudBand portfolio sebagai host, pengatur, mengotomatisasi, dan mengelola fungsi dan layanan jaringan virtual. Model penyebaran virtualisasi mengurangi kebutuhan belanja modal dan mudah untuk skalabilitas investasi.

Bhaskar Gorti, president of the Applications and Analytics Business Group at Nokia menyebut, “Ada banyak solusi kontrol yang untuk pengaturan kerja saat ini. Namun mereka biasanya tidak dibangun untuk virtualisasi dan sering kekurangan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk persyaratan sinyal dari IoT dan VoLTE. Sebaliknya, Nokia DDE dibangun dari basis cloud dan siap untuk mendukung persyaratan sinyal di negara-negara berkembang.”

Sinya lalu lintas pada layanan VoLTE dan IoT akan berkembang pada permintaan yang membutuhkan skalabikitas dan fleksibilitas. Operator dipandang harus mampu memainkan kendali penuh terhadap kemampuan jaringan yang dimiliki. DDE adalah bagian dari portofolio kebijakan terbaru dari Nokia. Nokia DDE saat ini ditempatkan di laboratorium dari penyedia layanan Tier 1 di Amerika Utara dan akan tersedia untuk dipasarkan komersial pada Juli 2016.