ArenaLTE.com – Proses penataan atau Refarming frekuensi 1800 MHz untuk layanan 4G LTE sebentar lagi akan selesai. Hal ini diungkapkan oleh Menkominfo Rudiantara saat menghadiri perayaan HUT XL Axiata yang ke-19 di Grha XL, Jakarta (16/10/2015). “Alhamdulillah refarming 1800 MHz untuk 4G LTE saat ini sudah sampai Jawa Tengah. Mudah-mudahan kita akan on schedule pada November ini minggu ke dua atau tiga refarming 1800 MHz di seluruh Indonesia sudah selesai sesuai target,” ujarnya.

Pria yang akrab dengan sebutan Chef RA tersebut menambahkan, bahwa lancarnya proses refarming ini berkat kerjasama yang baik antar semua operator. Tanpa kerjasama, Rudiantara menandaskan bahwa refarming 1800 MHz ini tidak mungkin bisa dilakukan.

Berkat kerjasama tersebut, proses penataan frekuensi ini tergolong cepat memakan waktu sekitar 4 bulan. Sebagai informasi, pada Juli yang lalu pemerintah dan operator secara serentak meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz. Namun saat itu layanan 4G LTE di frekuensi tersebut masih bersifat lokal di daerah tertentu saja. Telkomsel menggelar layanannya di Makassar, Indosat memulai dari Balikpapan, XL Axiata terjun di Lombok, dan Hutchison 3 memilih Banjarmasin.
BacaLayanan 4G LTE Operator Serentak Digeber di 1800 MHz

Kondisi frekuensi 1800 MHz sebelum refarming
Kondisi frekuensi 1800 MHz sebelum refarming
Kondisi setelah refarming 1800 MHz
Kondisi setelah refarming 1800 MHz

Penggelaran 4G LTE di frekuensi 1800 MHz tidak bisa dilakukan secara serentah di seluruh wilayah, karena pada waktu itu kondisinya kurang rapi dengan spektrum yang terpencar. Sehingga perlu dilakukan penataan agar lebih maksimal untuk layanan 4G LTE. Refarming 1800 MHz dilakukan secara bertahap yang dimulai dari bagian Indonesia Timur karena relatif lebih mudah dan pelanggan masih belum terlalu banyak.

Beberapa hari yang lalu, Rudiantara melaporkan di akun Twitter pribadinya bahwa penataan frekuensi seluler pada pita 1800MHz sudah menyelesaikan 31 dari 42 cluster (75%) seluruh Indonesia. Dia menjelaskan bahwa refarming step 3 di cluster Gorontalo, Sulteng, Jatim 2 dan 3, berhasil tanpa fallback functionality dan performance.

 

 

Comments

  1. […] “Skemanya di struktur dengan kerjasama Pemerintah Swasta (KPS), di mana peserta tender yang ditetapkan nanti adalah yang melakukan pembangunan dan mengoperasikan selama 15 tahun. Dengan jaminan pasar oleh Pemerintah,” jelas Rudiantara, di sela acara Golden Ring Award 2015 di Jakarta, Senin (16/11/2015). Baca juga: Menkominfo: Refarming 1800 MHz untuk 4G LTE di Seluruh Indonesia Selesai November […]

  2. […] Dalam sesi acara tersebut juga dijelaskan bahwa dalam proses penyelesaian tersebut, khususnya dalam hal teknis pelaksanaan telah dikawal oleh Pemerinth melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika. ”Saya apreciate untuk teman-teman Pemerintahan, terlebih untuk operator telekomunikasi yang saya harap kerjasama ini bisa berlanjut di proses selanjutnya,” jelas Rudiantara. Baca juga: Menkominfo: Refarming 1800 MHz untuk 4G LTE di Seluruh Indonesia Selesai November […]