ArenaLTE.com – Setelah menutup 22 situs film ilegal, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo kembali melakukan aksinya melawan pembajakan. Kali ini Kominfo akan menutup akses terhadap 22 situs musik ilegal di Indonesia.
Baca juga: Kemkominfo Tutup 22 Situs Film Bajakan

“Ini adalah peristiwa bersejarah dan kami juga sudah melakukan penutupan di 22 situs film, beberapa waktu lalu. Kami akan melakukan penutupan situs musik ilegal yang didukung oleh para artis dan pelaku industri itu sendiri,” ujar Dirjen Aptika selaku Perwakilan Kemkominfo, Bambang Heru Tjahyono, di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Bambang menegaskan, penutupan 22 situs musik ilegal tersebut adalah tindak lanjut atas permintaan Kementerian Hukum dan HAM dalam surat Nomor HKI.7.HM.01.05-0264 tertanggal 15-Oktober-2015 karena telah melakukan pelanggaran Hak Cipta yang diadukan oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

“Sebagai tindak lanjut laporan, Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs pada 12 November 2015 nanti. Sehingga bisa menghindari kerugian yang lebih besar,” jelas Bambang di sela acara konferensi Pers.

Dirinya juga menyesali kepada para pen-download situs tersebut, yang bisa memberikan dampak yang luas. “harga satu lagu itu hanya Rp. 7000 perak saja dan sudah murah tetapi kenapa masih dibajak. Dengan jumlah kerugian 66 miliar, diharapkan para pengakses bisa menggunakan situs legal yang memang telah memiliki izin resmi,” tambahnya.

Sejalan dengan yang diungkapkan Bambang, Toto Widjojo, Anggota Dewan ASIRI, menambahkan,”aktivitas yang terekam adalah 6 juta download perhari, jika dihitung secara materil seandainya satu lagu itu dihitung dari harga yang paling rendah yakni seribu saja maka angka kerugian bisa mencapai 66 miliar per harinya,” jelasnya.

22 situs musik ilegal yang ditutup aksesnya tersebut adalah:

– Laguhit.com
– Mp3days.net
– Weblagu.com
– Wapkalagu.com
– Iozmusik.com
– Lagu.in
– Carilagu.net
– Bursalagu.com
– Beemp3s.org
– Arenalagu.com
– Saranmu.com
– Tubidy.im
– Stafaband.info
– Memomp3.com
– Zinzhu.com
– Mp3take.com
– Kumpulbagi.com
– Onlagump3.info
– Newlagump3.com
– Targetlagu.com
– Musik-corner.info
– Musikxplore.com