ArenaLTE.com – Penerapan teknologi yang dilakukan perusahaan besar seperti Google, memang perlu diacungi jempol. Maka tak salah, Indonesia perlu mempelajari hal tersebut dan mengadopsinya di Tanah Air. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengungkapkan akan mempelajari teknologi fiber Google untuk diadopsi di Indonesia melalui delegasi.

Diungkapkan disela acara konferensi pers zona integritas, untuk cegah korupsi di industri telekomunikasi, kemarin. Rudiantara menjelakasn bahwa akan mengirim delegasi untuk berkunjung ke kantor Google di Mountain View, San Francisco, Amerika Serikat. Pengiriman tersebut dimaksudkan untuk mempelajari teknologi yang digunakan pada Google Fiber.

“Kemarin saya baru ketemu Sergey, saya bilang ‘mau kirim orang untuk belajar Google fiber’. Sergey menyetujui, dan mempersilahkan atas pengiriman tersebut,” jelas Rudiantara, di Jakarta, Rabu (6/1/2015). Perbincangan tersebut dilakukannya usai pendiri Google tersebut berkunjung ke Jakarta, setelah selesai berlibur di Raja Ampat, Papua.

Menurut Pria yang akrab disapa Chief ini, pembelajaran tersebut perlu dilakukannya untuk menerapkan teknologi yang sudah dijalankan dan semoga bisa dituangkan di Tanah Air. Hal tersebut juga dilakukan karena saat ini Pemerintah melalui Kominfo, akan melakukan  fokus pengembangan layanan jaringan pita lebar tetap atau fix broadband.

Namun demikian, Chief menjelaskan bahwa hal tersebut bukan berarti harus melibatkan perusahaan internet asal Amerika ini, terutama akan ikut meramaikan layanan fixed broadband di Tanah Air seperti yang telah diisukan saat ini.
Baca juga: 2016, Kominfo akan fokus pada wireless broadband

“Kita tidak boleh merasa paling jago, paling hebat. Kita (harus) pelajari, kalau ada yang bisa kita adopsi, kita adopsi. Saya kadang-kadang kaget juga (melihat perkembangan teknologi). Kita harus belajar cepat. Kecepatan itu penting, kita ini di dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),” jelas Rudiantara.

Lanjutnya, Indonesia diungkapkan perlu belajar banyak mengenai perkembangan teknologi yang kian berkembang, sehinga pemanfaatannya bisa berguna dan mampu mendongkrak peningkatan ekonomi negara. Mengirim delegasi untuk mempelajari dan kemudian diadopsi di Tanah Air, adalah hal yang tepat karena semua itu untuk perkembangan dan kemajuan negara sendiri.