ArenaLTE.com –¬†Bicara jasa dalam dunia digital, walaupun namanya terdengar, tetapi Ray Tomlinson punya tempat tersendiri. Ia adalah penemu email pada tahun 1971. Di usia 74 tahun, yakni pada hari Sabtu pekan lalu, Tomlinson telah tutup usia akibat serangan jantung.

Ray lahir di Amsterdam, New York, di tahun 1941. Dia antara lain menempuh pendidikan tinggi di kampus bergengsi Massachusetts Institute of Technology. Lalu bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman, sekarang bernama Raytheon BBN Technologies.

Saat bekerja di situ, Ray Tomlinson menemukan cara mengirim pesan antara orang satu dengan lainnya di komputer dan server yang berbeda. Program itu bekerja di jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet. Penemuan yang dilakukannya di tahun 1971 itu diakui secara luas sebagai awal mula email. Tomlinson juga dikenal sebagai penemu lambang @ yang dipakai sebagai pemisah antara nama pemilik email dengan alamat tujuan yang masih dipakai hingga saat ini.

Tomlison yang dikenal rendah hati awalnya tidak mau mempublikasikan temuannya. “Jangan beritahu siapapun, kita tidak seharusnya mengerjakan hal semacam ini,” kata Ray Tomlinson¬†pada salah seorang teman. Rupanya membuat program tersebut bukan tugasnya, dia hanya merasa idenya itu menarik dan akhirnya diwujudkannya. Ketika ternyata cikal bakal email itu bisa bekerja, ia memberitahu rekan rekannya tentang bagaimana menggunakannya.

Pada saat itu, masih sangat sedikit orang memiliki komputer pribadi karena harganya sangat mahal. Dan popularitas email baru berlangsung beberapa tahun setelah Ray menemukannya, sebelum kemudian jadi bagian integral kehidupan modern.