ArenaLTE.com – Ajang penghargaan insan film paling prestisius di dunia, Academy Awards ke-88 atau Piala Oscar 2016 baru saja digelar di panggung Dolby Theatre, Hollywood, Amerika Serikat (28/2/2016). Setiap tahunnnya, acara penghargaan yang digelar di Hollywood ini selalu mengundang perhatian. Tahun ini, seluruh mata tertuju pada sosok Leonardo DiCaprio.

Setelah penantian bertahun-tahun, akhirnya Leonardo DiCaprio untuk pertama kalinya berhasil menggondol Piala Oscar untuk kategori Best Actor in a Leading Role atau Aktor Terbaik berkat aktingnya dalam film The Revenant.

Oscar-Leo

Yang tak kalah mengejutkan, Leonardo DiCaprio tidak hanya memang di Oscars, namun juga di media sosial Twitter. Hal ini karena para netizen (sebutan untuk para pengguna internet) ikut merayakan kemenangan tersebut dengan suka cita. Kemenangan aktor dengan akun resmi @LeoDiCaprio tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 440 ribu tweet per menit. Ini adalah rekor terbanyak dalam gelaran Oscar.

Pencapaian Leonardo DiCaprio ini sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh host Ellen De Generes @TheEllenShow saat menjadi host di Oscars 2014 dengan tweet selfie-nya yang fenomenal.

Tweet aktor yang mulai dikenal sejak debutnya di Titanic tersebut juga telah diretweet sebanyak 150 ribu kali dan di-likes sebanyak lebih dari 190 ribu pengguna Twitter.

Data dari akun Brandwatch React melaporkan bahwa tweet seputar Leonardo DiCaprio telah mendominasi percakapan hingga 87% di linimasa karena kemenangannya tersebut. Sementara itu film yang terbanyak meraih Piala Oscar 2016, yaitu Mad Max: The Fury Road berhasil memperoleh 26 ribu mentions dalam 6 jam terakhir. Tagar resmi #Oscars sendiri selama 6 jam terakhir telah di-tweet sebanyak 2,6 juta mentions. Anda bisa membaca kurasi tweet seputar Oscar 2016 di Twitter Moments.