ArenaLTE.com – Di ajang CES 2017 (Consumer Electronics Show) yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Qualcomm Technologies memperkenalkan platform mobile kelas premium terbaru yaitu, prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dengan modem LTE X16.

Prosesor Snapdragon 835 adalah platform mobile pertama yang diproduksi secara komersial dengan menggunakan proses FinFET 10nm. Diklaim menghasilkan kinerja yang istimewa dan efisiensi daya yang unggul. Prosesor ini dirancang untuk mendukung berbagai perangkat pintar. Seperti telepon pintar, VR/AR head-mounted display, kamera IP, tablet premium, PC generasi berikutnya dan perangkat lain yang menggunakan sistem operasi (OS) Android dan Windows 10.

Cristiano Amon, Wakil Presiden Eksekutif, Qualcomm Technologies, Inc., dan Presiden, QCT, mengatakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dirancang untuk memenuhi persyaratan realitas maya yang mobile (mobile virtual reality) dan permintaan konektivitas yang selalu ada namun di saat yang sama endukung berbagai desain ponsel yang tipis dan ringan.

“Snapdragon 835 memiliki tingkat integrasi teknologi yang belum pernah ada sebelumnya sehingga mampu mendukung daya tahan baterai yang unggul, kualitas multimedia yang lebih baik, dan hasil fotografi istimewa dengan kecepatan kelas gigabit untuk pengalaman mendalam,” ujarnya.

Secara teknis, komponen utama dari prosesor Snapdragon 835 termasuk modem LTE X16 untuk konektivitas Gigabit Class LTE, 2×2 802.11ac Wave 2 Wi-Fi dan Bluetooth 5 yang terintegrasi, dan opsi 802.11ad untuk konektivitas Multi-gigabit. Peningkatan pemrosesan daya dan kinerja ini didukung oleh CPU Qualcomm Kryo 280 dan DSP Qualcomm Hexagon 682, yang mendukung TensorFlow untuk machine learning dan Halide untuk pengolahan gambar (image processing).

Snapdragon 835 juga mencakup peningkatan substansial pada subsistem pemrosesan visual (visual processing subsystem) dari Qualcomm Adreno, termasuk GPU Adreno 540 terbaru dan Qualcomm Spectra ISP 180 untuk kemampuan kamera generasi berikutnya. Selain itu, yang terbaru dalam Snapdragon 835 adalah platform keamanan Qualcomm Haven yang hadir dengan peningkatan keamanan biometrik dan proses validasi perangkat.

 

Saat ini, Snapdragon 835 sedang dalam tahap produksi dan diharapkan untuk ada dalam perangkat komersil di pertengahan 2017. Peningkatan yang dilakukan di Snapdragon 835 dapat diringkas dalam lima pilar teknologi utama yang berdasarkan pada peningkatan machine learning.Snapdrgaon-835-vs-penny

Lima pilar teknologi di Qualcomm Snapdragon 835

  1. Daya Tahan Baterai: Snapdragon 835 memiliki ukuran 35 persen lebih kecil dan mengkonsumsi daya 25 persen lebih sedikit dibandingkan dengan prosesor unggulan generasi sebelumnya, yang setara dengan daya tahan baterai lebih lama dan desain yang lebih tipis.
    CPU Kryo 280 memberikan arsitektur yang sangat efisien untuk kekuatan, sedangkan Hexagon 682 DSP yang terintegrasi menambahkan dukungan untuk TensorFlow dan kerangka Halide. Kombinasi dari CPU, GPU, DSP dan dukungan kerangka kerja perangkat lunak dalam Snapdragon 835 menawarkan platform komputasi heterogen yang berkemampuan tinggi.
    Selain itu, Snapdragon 835 dilengkapi dengan Qualcomm® Quick Charge™ 4, pengisian daya yang lebih cepat 20 persen dan efisiensi hingga 30 persen lebih tinggi dari Quick Charge 3.0;
  2. Immersion: Snapdragon 835 dirancang untuk memenuhi tuntutan kinerja tinggi, kendala batas termal dan efisiensi daya dari desain realitas maya dan realitas tertambah, atau dikenal sebagai virtual reality dan augmented reality (VR/AR), generasi selanjutnya, termasuk dukungan untuk Google Daydream, secara bersamaan.
    Banyak improvisasi yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas visual, kualitas suara dan interaksi intuitif. Improvisasi tersebut meliputi peningkatan hingga 25 persen dalam kinerja 3-D graphic rendering dan dukungan warna hingga 60 kali lebih banyak dengan subsistem pemrosesan visual (visual processing subsystem) dari Adreno 540.
    Snapdragon 835 juga mendukung 4K Ultra HD premium (HDR10) video, wide color gamut 10-bit displays, audio yang berbasis objek dan latar 3-D, dan motion tracking VR/AR yang istimewa termasuk kolaborasi sensor berbasis fusion yang dimiliki perusahaan dengan six degrees of freedom (6DOF);
  3. Capture: Snapdragon 835 meningkatkan pengalaman mengambil video bergerak dan tak bergerak dengan kemampuan optical zoom yang mulus, teknologi auto-focus yang cepat dan kualitas HDR dengan warna riil sesuai dengan perceptual quantization video encoding. Qualcomm Spectra 180 kamera ISP merupakan inti dari pengalaman mengambil gambar yang menampilkan dual 14-bit ISP yang akan memungkinkan hingga single 32MP atau dual 16MP kamera untuk pengalaman fotografi dan videografi terbaik;
  4. Konektivitas: Snapdragon 835 dilengkapi dengan modem X16 Gigabit-Class LTE, 2×2 802.11ac Wave-2 dan 802.11ad Multi-gigabit Wi-Fi yang terintegrasi, menjadikannya prosesor komersial pertama yang menyuguhkan kemampuan koneksi Gigabit di rumah maupun di perjalanan.
    Dengan beberapa jaringan Gigabit LTE yang diharapkan akan tersedia berbagai belahan dunia pada tahun 2017 dan meningkatnya penggunaan 802.11ad, Snapdragon 835 dirancang untuk memberdayakan generasi baru dari pengalaman terhubung di bidang VR/AR, penyimpanan awan yang tak terbatas, hiburan yang kaya dan aplikasi instan;
  5. Keamanan: Platform keamanan Qualcomm Haven menyediakan dukungan untuk sidik jari dan biometrik berbasis mata dan wajah. Ini juga termasuk otentikasi pengguna berbasis hardware, validasi perangkat, dan keamanan perangkat untuk kasus penggunaan seperti pembayaran mobile, akses perusahaan, dan data pribadi pengguna;