ArenaLTE.com – Setelah sukses menghadirkan beberapa aplikasi favorit di ponsel basis Android, pengembang aplikasi lokal Qajoo Studio (baca: Kayu Studio), kembali menghadirkan game edukasi anak. Kali ini, pengembang lokal menghadirkan aplikasi yang cukup mendidik dalam sebuah permainan terbaru berjudul ‘Lets play with Kancil’ yang tersedia untuk platform Android dan iOS.

Perusahaan mengungkapkan bahwa ‘lets play with kancil’ dibuat berdasarkan buku cerita digital CERI (Cerita Rakyat Indonesia) serial kancil dan buaya. ‘Let’s play with Kancil’ ini diharapkan bisa menjadi aplikasi untuk lebih mengenal karakter ‘Kancil’ dari cerita rakyat serta teman bermain anak-anak di waktu senggang,” jelas Yessice Haryanto, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Qajoo Studio juga mengklaim bahwa CERI telah masuk dalam jajaran 10 aplikasi top berbayar di App Store. Ada sekira empat aplikasi mobile buke digital CERI yang masuk dalam platform Android dan iOS, seperti halnya kancil dan buaya, bawang putih dan bawang merah, lutung kasarung, tupai dan ikan gabus yang dikemas dalam nuansa bercerita yang menarik untuk anak.

“Lets play with kancil adalah permainan yang tersedia juga untuk memberikan manfaat positif bagi pemain, yakni membantu anak-anak melatih kemampuan identifikasi dan imajinasi terhadap bentuk dan warna dalam pembelajaran baru mereka,” tambah Yessica.

Seperti halnya mini games CERI yang pertama, ‘Let’s Play bersama Tupai’. Mini games CERI ‘Let’s Play bersama Kancil’ juga menghadirkan lima pilihan permainan edukatif untuk anak-anak dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Dalam permainan ini, karakter tokoh utama yakni si Kancil, akan mengarahkan anak-anak untuk diarahkan dalam menyelesaikan permainan ini. Ekspresi lucu dari karakter yang ada akan memanjakan mata si kecil selama bermain.

Pemain anak-anak dapat memilih permainan mana yang paling mereka sukai, pertama adalah Menemani kancil pergi ke kebun timun, kedua adalah Memberi makan Kancil dan Buaya, sedangkan yang ketiga adalah Menebak karakter berdasarkan bayangan. Untuk yang keempat, pemain dapat Membantu induk burung menemukan telurnya, dan (5) Mengenal nada dasar musik.

Kualitas grafik diklaim perusahaan akan hadir disertai dengan musik yang menyenangkan, dan diharapkan akan membantu proses belajar si kecil menjadi lebih seru dan dapat memberikan kesan positif bagi anak-anak.

Selain kelima permainan tersebut, ada satu fitur menarik dari permainan ini dimana anak-anak dapat berimajinasi menciptakan irama musik mereka sendiri dengan nada dasar Do, Re, Mi, Fa dan Sol. Hal tersebut juga dapat membantu dalam proses perkembangan otak anak di masa pertumbuhannya. Mini games CERI yang kedua ini didesain untuk melatih intuisi, imajinasi, serta kemampuan identifikasi si kecil dalam hal warna, bentuk, dan benda.

Mini games CERI ‘Lets Play with Kancil’ diklaim cocok dimainkan oleh anak-anak usia 4 – 7 tahun. Para orang tua yang tertarik dengan buku cerita digital CERI Kancil dan Buaya dapat langsung mengunduhnya di dalam permainan ini.

Walaupun game ini didesain khusus untuk anak-anak, orang tua diharapkan tetap mengawasi putra-putrinya saat bermain. Selain untuk mencegah si kecil mengakses informasi yang tidak diinginkan, menghabiskan waktu bersama anak-anak akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.