ArenaLTE.com – Dari sekian banyak wilayah di Indonesia, Bangka Belitung menjadi salah satu tujuan favorit wisata di Indonesia. Pulau Belitung yang dijuluki Negeri Laskar Pelangi memiliki berbagai lokasi eksotis wista yang indah dan menjadi salah satu pilihan lokasi wisata di Indonesia.

Meskipun belum terpapar jaringan 4G LTE XL, bisa dibilang Pulau Belitung merupakan daerah kekuasaan XL karena jaringan operator tersebut di wilayah ini menjadi yang terkuat dibandingkan operator lainnya. Hal ini diungkapkan oleh CEO PT. XL Axiata, tbk. Dian Siswarini di Museum Kata Andrea Hirata, Pulau Belitung (17/02/2016).

Jaringan XL saat ini memegang market share Pulau Belitung hingga 85%. Diakui pula oleh masyarakat Pulau Belitung XL menjadi operator selular pertama yang menyediakan layanan telekomunikasi selular di pulau Belitung. Pada kesempatan yang sama, Moh. Sopyan Rambe, GM Sales Sumbagsel XL kepada ArenaLTE.com menjelaskan bahwa pertama kali jaringan XL memaparkan sinyalnya di kawasan Pulau Belitung pada tahun 2004. Saat itu dimulai hanya dengan 4 tower di daerah Manggar dan Tanjung Pandan.

Dengan pelanggan yang terus tumbuh, untuk memenuhi kebutuhan jaringan seluler di daerah penghasil timah, pasir tanah liat dan lada ini, XL sekarang menyediakan 128 tower. Di negeri Laskar Pelangi ini, XL memiliki setidaknya 211 ribu pelanggan. Dan semua tower tersebut sudah mampu menawarkan kecepatan akses internet HSDPA 3,5G yang bisa dimaksimalkan hingga kecepatan 20 Mbps. Hal ini menurut Rambe sesuai dengan ekosistem masyarakat Belitung yang mulai banyak mengkonsumsi layanan data internet.

XL Belitung
Moh. Sopyan Rambe, GM Sales Sumbagsel XL

Ketika ditanyakan mengenai layanan akses 4G LTE di kawasan Belitung, Rambe belum bisa memastikan namun sudah ada dalam rencana XL. Rambe menambahkan bahwa yang terpenting adalah ekosistem konsumsi data di Pulau Belitung terus tumbuh baik. Diungkapkan, rata-rata konsumsi data sebanyak 70% sudah banyak dilakukan dengan data di layanan 3G sedangkan sisanya masih menggunakan layanan 2G. Lebih jauh GM Sales Sumbagsel menerangkan bahwa rencananya 4G LTE XL akan merambah wilayah Padang dan Lampung dulu baru kemungkinan Pulau Belitung.

Untuk wilayah Sumbagsel sendiri yang mengcover area Palembang Lampung Bengkuu dan Bangka Belitung, Rambe mengungkapkan ada sekitar 1,8 juta subscriber XL yang di cover dengan 1712 tower. Ketika ditanyakan mengenai pelanggan 4G LTE di wilayah Sumbagsel sendiri yang baru dimuali wilayah Palembang jumlah pengguna 4G LTE ada sekitar 120 ribuan user. Pada tahun 2016 nanti Rambe berharap pelanggan di areanya dapat tumbuh 20% dan pengguna 4G LTE bisa tumbuh 30%.