ArenaLTE.com – CES 2016 (Computer Electronics Show) menjadi ajang bagi para pelaku industri untuk memamerkan berbagai inovasinya. Tak terkecuali bagi Qualcomm yang memperkenalkan Smart Home Reference Platform. Platform rumah pintar ini dilengkapi dengan teknologi prosesor serba guna Qualcomm Snapdragon 212.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 212 dirancang untuk memiliki kemampuan komputasi, pengenalan suara, audio, display, kamera, konektivitas, dan kemampuan pengendalian pada home control hub dan smart speakers. Sehingga dapat diterapkan pada peralatan rumah tangga serta perangkat multimedia seiring dengan perkembangan kebutuhan konsumen.

Di ajang CES tersebut, Qualcomm mendemonstrasikan aplikasi prototipe dari platform ini dalam bentuk smart home assistant/hub. Prototipe ini meliputi keseluruhan desain hardware yang tersedia bagi Original Equipment Manufacturer (OEM) saat ini.

Raj Talluri, senior vice president, product management, Qualcomm Technologies, Inc, mengatakan platform Smart Home Reference berbasis Qualcomm Snapdragon 212 ini memberikan kemampuan powerful bagi para konsumen untuk dapat memaksimalkan penggunaan komputasi terkini, pengenalan suara, audio, display, dan kamera di seluruh ekosistem smart home.

“Platform ini merupakan contoh terbaik mengenai kemampuan kami memanfaatkan keragaman portofolio yang kami miliki untuk membangun platform yang terintegrasi dan fleksibel yang dapat membantu cara manusia berinteraksi dengan smart home mereka yang semakin terhubung, baik di saat ini maupun di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dijelaskan, Smart Home Reference Platform berbasis Qualcomm Snapdragon 212 ini sudah tersedia bagi OEM. Teknologi ini menawarkan waktu pengembangan cepat melalui gabungan kemampuan luar biasa yang dimilikinya untuk teknologi smart speakers, home control hubs, peralatan rumah tangga, perangkat multimedia seperti TV dan dekoder.

Berikut ini fitur yang dimiliki platform Smart Home berbasis Qualcomm Snapdragon 212:

  • CPU Quad-core 1.3 GHz ARM7, GPU Qualcomm® Adreno 304, dan DSP
    Qualcomm Hexagon, platform komputasi komprehensif bagi proses
    multimedia dan akustik.
  • Hi-Fi Smart Audio untuk streaming music, audio feedback, dan teknologi lainnya
    berupa:
    o Playback hingga 24bit/192KHz
    o Dukungan format komprehensif untuk decoder termasuk mp3, AAC,
    WMA, Ogg Vorbis, ALAC, FLAC, AIFF, WAV, dan PCM.
    o Playback offload DSP hemat energi
  • Keyword voice wakeup
  • Teknologi Fluence™ Pro voice input untuk fungsi kontrol/perintah dan juga panggilan VoIP dua arah. Fitur-fitur kunci termasuk:
    o Echo Cancellation dan Noise Suppression menggunakan tiga mikrofon
    o Pelacakan posisi suara untuk mengidentifikasi keberadaan pengguna berdasarkan lokasi perangkat
    o Fokus suara untuk menangkap bunyi dari area tertentu
    o Pelacakan posisi
  • Konektivitas yang cepat dan komprehensif termasuk 802.11a/b/g/n (1×1 dual band 2.4GHz/5GHz), Bluetooth® 4.1, Bluetooth Low Energy, dan NFC serta integrasi penuh dengan framework komunikasi AllJoyn dari Allseen Alliance
  • Tampilan antarmuka untuk mendukung resolusi hingga 1280×800, 45-60 fps di format QHD (sesuai untuk cover art display), pengaturan/preferensi tampilan antarmuka dalam perangkat, dan opsi konten yang always-on seperti cuaca, jam, alerts, dan notifikasi darurat
  • Kamera 8MP dengan video playback hingga 1080p (H.264 AVC, H.265 HEVC)
  • Dukungan untuk high level operating systems (HLOS) terkemuka