ArenaLTE.com – ZTE Nubia Z11 Max akhirnya resmi mejeng di hadapan publik. Setelah melewati bocoran dan teaser selama beberapa pekan, seri ini menampakkan diri sebagai sebuah phablet bongsor berukuran 6 inci dengan bezel super tipis 1,32mm. Layar jadi andalan utamanya, tapi bagaimana sektor lain?

Sorotan layak ditujukan pada sektor display yang menguasai screen to body ratio sekitar 83,27 persen area depan ponsel. Seperti diulas di awal, hal ini bisa diperoleh berkat tipisnya bezel Nubia Z11 Max. Tak hanya itu, bodinya pun tergolong ramping dengan ketebalan hanya 7,4 mm.

Layar 6 inci berbasis Super AMOLED pada ZTE Nubia Z11 Max mempunyai resolusi full HD 1080p. Untuk melindungi dari goresan perusahaan melapisinya dengan  Gorilla Glas 3 besutan Corning. Supaya lebih ciamik, ZTE menggunakan filosofi desain NubiaArc 4.0 dalam merancang desain smartphone ini.

Kedua sisi bodi depan dan belakang dibungkus desain kaca yang memiliki sudut membulat dinamis. Sementara untuk sasisnya mengandalkan struktur yang terbuat dari aluminium. Bukan hal aneh, karena keluarga Nubia memang terkenal berkat rancangan desain berkelas dan bodinya yang tipis. Tersedia tiga pilihan warna yakni black, grey dan white.

Merayap ke bagian dalam, ZTE Nubia Z11 Max mengantongi chipset kelas menengah besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 652 yang memiliki clockspeed 1.8GHz. Sebagai penunjang kinerja, ditandemkan RAM berkekuatan 4GB serta memori internal 64GB (eMMC 5.0) buat gudang penyimpanan data. Storage ini bisa diperbesar lagi hingga 200GB via slot microSD.

ZTE nubia Z11 max 2

Vendor menanamkan sensor sidik jari di bodi belakang.  Tak hanya itu, seri yang mendukung kapablitas dual SIM card ini punya jaringan 4G LTE dengan kemampuan voLTE. Buat mengakomodasi kebutuhan multimedia, ZTE Nubia Z11 Max punya chip decoder Hi-Fi independen dan amplifier. Jadi kualitas audionya bisa diandalkan.

Kamera utama yang terpatri di bodi belakang punya sensor 16MP, Sony IMX298 ditunjang PDAF, closed loop motor AF, aperture f/2.0 aperture dan lensa 6P. Perusahaan menanamkan software khusus NeoVision 5.9 Imaging milik mereka sendiri. Ponsel ini mendukung handheld image stabilization, 3D Noise reduction, DTI pixel isolation technology dan LTM area color control tech.

Lebih jauh lagi, Nubia menambahkan support live filter buat kamera sehingga kalian bisa mengganti filter secara real time seperti video calling. Buat yang doyan selfie, tak ketinggalan kamera depan berkekuatan 8MP hadir sebagai pelengkap.

Untuk mendukung layar yang cukup besar dan berbagai fitur rakus daya, sang vendor membenamkan baterai berkapasitas cukup besar yakni 4000mAh. Disandingkan dengan teknologi NeoPower 2.0 besutan Nubia yang diklaim menjanjikan daya tahan baterai impresif.

Kabarnya, ZTE Nubia Z11 Max sanggup dipakai 2,82 hari untuk pemakaian normal dan 1,76 hari untuk aktivitas berat. Berkat teknologi Quick Charge 3.0, baterai berkapasitas besar ini bisa dicas dengan super cepat. Selama 10 menit pengecasan saja, Nubia Z11 Max bisa bertahan 2,5 jam memutar video HD, 6 jam waktu bicara dan 13,7 jam waktu aktif.

ZTE Nubia Z11 Max menyuguhkan antarmuka Nubia 3.9.9 UI yang berjalan di atas sistem operasi Android Lollipop. Harga ZTE Nubia Z11 Max dipatok sekitar 2000 yuan atau setara IDR 4 juta (kurs 2000). Lantaran Nubia baru saja menggandeng Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador, tersedia juga seri khusus dengan tanda tangan C. Ronaldo di bodi belakangnya. Harga edisi khusus ini sekitar 2300 yuan atau IDR 4,6 juta.