ArenaLTE.com – Di pasaran cukup banyak merek dan tipe smartwatch, tapi hampir semua dicipitakan untuk kebutuhan pria dan wanita dewasa atau remaja. Pertanyaannya, bagaimana dengan pangsa anak-anak seperti yang coba digulirkan pada ZTE Mamorino? Meski belum mempunyai daya beli, anak-anak menjadi faktor penting dalam pertumbuhan pengguna gadget, dan kini anak-anak lebih cepat paham pada urusan gadget.

Menangkap peluang tersebut, ZTE meluncurkan smartwatch khusus anak-anak yang diberi label ZTE Mamorino. Apa yang ditawarkan ZTE Mamorino? Ini adalah jam tangan yang akan memudahkan fungsi panggilan, orang tua dapat memanggil anak dan mengabarkan pesan teks langsung ke smartwatch tersebut.

ZTE Mamorino diklaim merupakan smartwatch anak pertama di dunia yang telah mendukung VoLTE (Voice over LTE). Dengan fitur teknologi panggilan terkini tersebut, orang tua tetap bisa menghubungi anak mereka tanpa harus membekalinya dengan smartphone.
Baca juga: Infiniti Research: Tahun 2020 Pendapatan Layanan VoLTE Global Capai USD 120 Miliar

ZTE Mamorino smartwatch juga dilengkapi dengan layar touchscreen, kontrol suara, dan juga built-in GPS (Global Positioning System) sehingga orangtua tahu di mana anak-anak mereka setiap saat.

Tapi sayang tak semua anak-anak dibelahan dunia bisa menjajal kemampuan Mamorino, pasalnya smartwatch ini hanya diluncurkan untuk pasar Jepang. ZTE menggandeng operator KDDI untuk memasarkan jam pintar khusus anak ini. Namun ZTE bukanlah perusahaan pertama yang meluncurkan smartwatch untuk anak-anak. Bulan lalu perangkat yang disebut dokiWatch diluncurkan pada Kickstarter yang juga smartwatch ditujukan pada anak-anak.

Spesifikasi ZTE Mamorino:
Dimensi: 51 mm (W) x 51 mm (H) x 16.7 mm (D); thickest part approximately 17.4 mm
Warna: Aqua, pink, Space blue, Lime green
Berat: Approximately 68 grams total for body and watch band
Display: Approximately 1.4-inch TFT LCD
Kapasitas baterai: 410mAh;
Charging time: Approximately 75 minutes charging time; compatible with a common AC adapter, optionally sold separately
Continuous talk time: Approximately 170 minutes (VoLTE)
Continuous standby time: Approximately 130 hours (4G LTE)
Waterproof ability: IPX5/IPX7
Dustproof ability: IP5X
Impact-proof ability: MIL-STD-810G; Method 516.6: Shock-Procedure IV