ArenaLTE.com – ZTE Axon Max akhirnya resmi dipresentasikan ke hadapan publik. Berikut harga dan spesifikasinya. Smartphone yang sejauh ini baru akan menjajaki pasar Tiongkok sebenarnya sudah nongol pertama kali pada Oktober lalu. Awalnya, ZTE Axon Max dikabarnya mengusung prosesor Snapdragon 810. Ternyata, versi yang dijual di China Telecom (operator Tiongkok) mengandalkan Snapdragon 617.

Sesuai namanya, ZTE Axon Max adalah smartphone yang memiliki ukuran cukup maksi alias besar. Tapi handset ini hanya mengandalkan bentang layar 6 inci serta resolusi full HD (1080×1920 piksel), sedikit berbeda dengan beberapa prediksi yang menyangka 1440×2560 piksel. Teknologi layar yang dipakai adalah AMOLED.

ZTE Axon Max dirancang dari frame berbahan metal, sehingga memiliki tampilan dan kualitas cukup premium. Di bagian belakangnya tertanam sensor sidik jari. Untuk sistem operasi sepertinya masih bertahan di Android 51 Lollipop alias belum menanjak ke versi terkini Marshmallow. Perusahaan bakal memakai antarmuka rancangan mereka sendiri yakni MiFavor 3.5 UI buat memberikan pengalaman yang berbeda buat pemakainya.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, spesifikasi ZTE Axon Max akan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 617 yang didukung prosesor 64-bit octa-core berclockspeed 1.5GHz. Sebagai penujang sektor grafis ditanamkan pula GPU Adreno 405.

Supaya kinerjanya lebih bagus, ZTE menyusupkan pula RAM dengan kekuatan 3GB. Di sektor penyimpanan internal, sudah tersedia space berkapasitas 32GB. Buat yang kurang puas dengan besaran memorinya, tersedia slot memori eksternal untuk ekspansi via kartu microSD hingga 128GB.

Buat menunjang sektor multimedia, ZTE akan memiliki fungsi Hi-hi audio. Sementara sebagai penunjang daya tahan, ZTE Axon Max menyiapkan baterai monster dengan kapasitas 4140 mAh. Setidaknya lebih besar dari rata-rata smartphone sekelas yang ada di pasaran saat ini.

Kamera 16MP (aperture f/1.9) terpatri di bagian belakang bodinya dimana terdapat pula dua slot SIM card untuk memudahkan sektor komunikasi. Jalur data 4G LTE sudah menjadi bagian dari smartphone mutakhir ini. Sementara untuk kamera selfie di bagian depan tertanam resolusi 13MP.

Di Tiongkok, harga ZTE Axon Max akan dipatok sekitar 460 dolar AS atau setara IDR 4,6 juta (kurs 10000). Masih belum jelas apakah ZTE akan merilis perangkat baru ini di negara lain. Namun kemungkinan selalu ada mengingat, beberapa seri lain seperti Axon Pro dan Axon Mini pun sudah beredar di berbagai negara.