ArenaLTE.com – Xiaomi baru saja merilis varian baru dari smartphone Redmi 3 di Tiongkok. Perangkat yang diberi nama Redmi 3 Pro ini merupakan versi lebih tinggi dari pendahulunya. Menghadirkan upgrade di beberapa sektor seperti memori, penyimpanan internal dan sensor. Smartphone ini dipatok dengan harga 899 Yuan setara IDR 1.798.000 (kurs 2000) dan segera tersedia perdana di negara tersebut mulai 6 April dalam bentuk flash sale.

Sekedar informasi saja, harga Xiaomi Redmi 3 alias versi original dibanderol sekitar 699 Yuan saat peluncurannya pertama kali. Setelah Tiongkok, beredar informasi bahwa perangkat ini pun bakal menjajaki pasar India. Sementara ketersediaan secara global smarpthone yang mengusung warna Gold, Grey dan Silver ini masih jadi misteri.

xiaomi redmi 3 proXiaomi Redmi 3 Pro menyuguhkan beberapa penyempurnaan dari pendahulunya mulai dari kemampuan memori dan RAM. Smartphone ini juga mendukung sensor sidik jari yang sebelumnya tak tersedia dalam Redmi 3. Selebihnya, fitur dan spesifikasi yang terbenam dalam kedua ponsel ini relatif tak jauh berbeda.

Buat memberikan pengalaman sebuah ponsel cerdas buat penggunanya, Redmi 3 Pro menawarkan bentang layar 5 inci resolusi HD (720×1280 pixel). Sementara di area dapur pacu, sang vendor menyisipkan chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang memiliki empat ini dengan clockspeed 1.2GHz dan empat inti lain dengan clockspeed 1.5 GHz.

Handset ini juga sudah dijejali RAM 3GB LPDDR3 serta didukung dengan GPU Adreno 405 supaya grafis terlihat menawan. Sementara memori internalnya mengedepankan kapasitas 32GB dilengkapi dengan slot microSD yang bisa dipasangi kartu hingga 128GB.

Seperti Redmi 3, smartphone ini sudah mengemas baterai berkapasitas 4100mAh yang relatif cukup besar di kelasnya. Soal sistem operasi Xiaomi Redmi 3 Pro menanamkan antarmuka MIUI 7 yang berjalan di atas Android.

Buat yang gemar fotografi, smartphone ini mengantongi kamera 13 MP di sektor belakang lengkap dengan LED flash, aperture f/2.0, PDAF autofokus dan mendukung kemampuan rekam video 1080p full-HD. Di bagian depan, tertanam kamera sekunder 5 MP yang juga bisa merekam video full HD.

Smartphone dengan dual SIM card  berkonsep hybrid ini menawarkan konektivitas lengkap. Mulai dari jaringan 4G LTE, Bluetooth, GPS, A-GPS, Glonass, GPRS/ EDGE, Micro-USB, and Wi-Fi 802.11 b/g/n. Terakhir, Xiaomi Redmi 3 Pro dirancang dari bahan logam dengan dimensi 139.3×69.6×8.5mm dan bobot 144 gram ini.