ArenaLTE.com – Trend smartphone untuk sementara bergeser dulu ke aspek berbeda. Setelah marak vendor merilis perangkat dengan embel-embel ‘mini’, ‘lite’, ‘plus’, kini giliran ‘max’ menjadi pilihan. Jika diperhatikan, kata ‘max’ mengacu pada kemampuan serba maksimal. Begitu juga dengan Xiaomi Mi Max yang baru saja diungkap hari ini (11/5), sektor sumber daya, memori dan layar berukuran maksimal menjadi fitur menonjol.

Xiaomi Mi Max menawarkan seri banderol terjangkau dengan maksimalisasi besar-besaran pada beberapa sektor. Salah satunya adalah layar berukuran jumbo mendekati ukuran bodi tablet dengan diagonal mencapai 6,44 inci. Layar raksasa tersebut dibungkus material casing yang menggunakan struktur unibodi dari bahan metal. Ketebalannya 7,5mm.

xiaomi mi max 2Lepas dari ukurannya, lagi-lagi kita akan menjumpai sektor lain yang juga maksimal yakni baterai. Sang vendor menancapkan pemasok daya dengan kapasitas 4850mAh. Setidaknya, baterai ini membuat Xiaomi Mi Max menjadi berbobot cukup berat yaki 203 gram.

Ada tiga versi Xiaomi Mi Max yang disediakan sang vendor. Versi paling atas mengandalkan chipset Snapdragon 652 ditemani dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Kemudian opsi kedua adalah chipset sama tapi RAM dipangkas menjadi 3GB dengan memori internal 64GB. Versi paling murah mengusung chipset Snapdragon 650 serta dibenami RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Sekedar menambahkan saja, perbedaan antara chipset pada versi teratas dengan terbawah adalah dua ekstra core Cortex-A72 pada CPU-nya (total menjadi 4x A72 + 4x A53). Keduanya tetap menggunakan pengolah grafis generasi baru Adreno 510. Cukup optimal untuk bekerja pada layar 1080p. Semua versi yang ditawarkan mengusung slot dual-SIM card hybrid, jadi kalian bisa menambahkan kartu microSD.

xiaomi mi max 3Xiaomi Mi Max berjalan menggunakan antarmuka MIUI 8 yang berbasis Android terbaru yakni versi 6.0 Marshmallow. Buat melindungi keamanan dan privasi penggunanya, smartphone ini menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang bodinya.

Bagian kamera pun sepertinya tak mau kalah dimana sang vendor menancapkan sensor berkekuatan 16MP ditunjang dengan dual LED flash. Untuk kamera depannya yang biasa dipakai narsis, tertanam kamera berkekuatan 5MP dengan lensa sudut lebar hingga 85 derajat.

Xiaomi Mi Max bakal tersedia dalam pilihan warna Silver, Light Grey dan Gold. Smartphone ini akan mulai dipasarkan pada 17 Mei 2016. Harga Xiaomi Mi Max bervariasi mulai dari versi S650/3GB/32GB seharga 1500 yuan setara IDR 3 juta (kurs 2000), S652/3GB/64GB seharga 1700 yuan atau IDR 3,4 juta dan S652/4GB/128GB seharga 2000 yuan atau IDR 4 juta.