ArenaLTE.com – Setelah sebelumnya kabar kemunculan Xiaomi Mi Max terdengar cukup nyaring di dunia maya, kali ini sang vendor merilis penerusnya secara ‘hening’. Hanya dalam tempo kurang lebih lima bulan, Xiaomi Mi Max Prime menyelinap sebagai versi update dari Mi Max dengan peningkatan di sektor prosesor dan memori.

Kemunculan Xiaomi Mi Max Prime ini pun cenderung tak disangka-sangka. Pihak perusahaan tak menggelar event khusus atau menerbitkan siaran pers untuk mengumumkan kehadirannya. Smartphone ini terdeteksi dalam event bertajuk ‘three-day Diwali sale’ di India.

Secara garis besar, spesifikasi perangkat ini yak mengalami perubahan berarti kalau dibandingkan dengan Xiaomi Mi Max versi standar. Mi Max Prime masih menyuguhkan layar raksasa 6,44 inci yang sama dengan Mi Max disuntik resolusi full HD (1080×1920 piksel).xiaomi mi max prime

Kamera belakangnya mengandalkan sensor berkekuatan 16MP sementara di area depan buat naris tertanam sensor 5MP. Di kelasnya, penawaran ini masih relevan dan bisa diandalkan. Setidaknya, hasil kamera yang dihasilkan tak bakal mengecewakan.

Sesuai namanya, smartphone ini juga sudah dijejali baterai dengan kapasitas ‘maksimal’ mencapai 4850mAh. Buat handset saat ini, stamina baterai yang dimiliki Xiaomi Mi Max Prime jelas di atas rata-rata.

Upgrade terbesar yang diberikan dalam Xiaomi Mi Max Prime terletak di bagian prosesor. Seperti diketahui, Xiaomi Mi Max mengusung chipset Qualcomm, Snapdragon 650 sebagai amunisinya. Berbasis CPU hexa core yang terdiridari 4×1.4GHz Cortex-A53 dan 2×1.8GHz Cortex-A72. Sementara Xiaomi Mi Max Prime disuntik chipset Snapdragon 652 SoC dengan tambahan 2×1.8GHz Cortex-A72 CPU menjadikannya sebagai prosesor octa core.

xioami mi max primeXiaomi Mi Max Prime bakal dibenami dengan memori yang tak kalah ‘maksimal’ berupa ROM 128GB dan RAM 4GB. Mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi Max yang hanya punya ROM 32/64GB dan memori internal 4GB.

Sekedar catatan, sebelumnya Xiaomi mengumumkan akan menghadirkan versi tambahan Mi Max yang hadir dengan chipset SD650/SD652 bersama versi memori 64GB – 3GB / 128GB – 4GB versions. Nah, mungkin saja pada akhirnya sang vendor memilih untuk memberikan nama baru saja untuk model dengan chipset SD652 yang ditemani RAM 4GB dan ROM 128GB yakni Xiaomi Mi Max Prime.

Harga Xiaomi Mi Max Prime dibanderol sekitar 19.999 rupee atau setara IDR 3.899.805(kurs 195). JIka dibandingkan dengan versi standar (Xiami Mi Max) seharga 14.999 rupee atau IDR 2.924.805, selisihnya cukup lumayan.