ArenaLTE.com – Sudah menjadi ciri khas Xiaomi yang menjual smartphone dengan spesifikasi tinggi, namun harga lebih miring dibanding kompetitor dari brand besar. Kini, produsen asal Tiongkok tersebut kembali menghadirkan smartphone terbarunya Xiaomi Mi 5S Plus. Ponsel ini dirilis berbarengan dengan Xiaomi Mi 5S. Namun kami lebih tertarik untuk mengulas yang seri “Plus”, kenapa? Karena menyajikan spesifikasi yang lebih “gahar” alias galak.

Pada bagian dapur pacunya, Xiaomi Mi 5S Plus dipersenjatai dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, Quad core 2.35GHz Snapdragon 821 dengan RAM yang tak tanggung-tanggung: 6GB! Kemudian memori internalnya pun sangat lega yakni 128 GB. Sebenarnya, ada lagi pilihan memori yang lebih rendah (standard version) yakni RAM 4GB dengan memori internal 64GB, namun ini sudah terlalu biasa.

Layarnya 2,5D berukuran 5,7″ yang cukup lebar namun dengan resolusi “hanya” Full HD. Sebenarnya patut disayangkan karena kompetitor di kelas premium mulai beranjak di resolusi 2K. Walaupun sebenarnya untuk dilihat dari mata telanjang, layar Full HD juga sudah sangat mencukupi. Layarnya memiliki warga gamut hingga 94% NTSC yang jika dibanding ponsel pada umumnya, diklaim performa layar lebih transparan dan indah baik untuk melihat foto, video, dan lainnya.

mi-5s-plus

Di body bagian belakang, Xiaomi juga berupaya untuk lebih “kekinian” dengan menyematkan kamera ganda resolusi 13 MP menggunakan lensa Sony. Pendekatan kamera ganda mirip dengan yang ada di Huawei P9, yaitu satu kamera untuk mengambil foto berwarna, sedangkan kamera satunya lagi untu memperkuat foto monokrom. Dua lensa tersebut bisa aktif bersamaan untuk menghasilkan foto yang lebih kaya dan detail.

Sedangkan di bagian depan, kamera selfie hanya dibekali 4 megapixel yang bisa dibilang cukup “nanggung” mengingat sudah banyak yang memproduksi kamera depan 8MP, bahkan 16 MP sekadar untuk selfie.

Desain konstruksinya tidak berbeda jauh dari pendahulunya, Mi 5, yang memakai konsep aluminium unibody. Bagian belakang agak melengkung sehingga terlihat lebih mewah, sekaligus nyaman ketika di genggaman. Ponsel ini akan tersedia dengan pilihan warna Gold, Rose Gold, Silver, dan White.

Anda tertarik? smartphone 4G LTE yang telah mendukung 3 CA (Carrier aggregator) ini dibanderol dengan harga RMB 2299 (+ IDR 4,4 jutaan) untuk standard version 4GB, sedangkan untuk high version 6GB/128GB dijual RMB 2599 (+ IDR 5,1 jutaan).

Spesifikasi Xiaomi Mi 5S Plus

mi-5s-plus-phone

Kategori Mi 5s Plus
Operating System Android 6.0 Marshmallow with MIUI 8
Display 5.7-inch Full HD display
600 nits, 95% NTSC coverage
SoC 2.35GHz Snapdragon 821
RAM and storage 4GB RAM/64GB storage
6GB RAM/128GB storage
Rear camera Dual 13MP cameras
4K video, PDAF, OIS, dual-tone LED flash
ClearSight technology
Front shooter 4MP camera with 2.0µm pixels
Connectivity 4G+ with 3x carrier aggregation, Wi-Fi ac
Bluetooth 4.2, Wi-Fi Direct, NFC, GPS
Charging USB-C with Quick Charge 3.0
Battery 3800mAh