ArenaLTE.com – Xiaomi tak menyia-nyiakan kesempatan emas di Mobile World Congress (MWC) 2016. Produsen asal Tiongkok tersebut ikut ambil bagian dalam ajang pamer teknologi mobile dengan meluncurkan flagship teranyarnya Xiaomi Mi 5. Smartphone ini merupakan generasi penerus dari Mi 4 yang telah diluncurkan 18 bulan silam. Mi 5 memiliki sejumlah fitur unggulan untuk bertarung di pasar smartphone global. Resepnya masih sama, yaitu spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.

Xiaomi Mi 5 adalah smartphone dengan layar 5,5″ yang dipersenjatai chipset terbaru prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Ya, Xiaomi Mi 5 adalah salah satu dari tiga smartphone berbasis Snapdragon 820 yang diluncurkan serentak di MWC 2016.

VP Xiaomi Global Hugo Barra mengatakan dalam peluncurannya bahwa penggunaan Snapdragon 820 ini adalah “big deal” untuk smartphone, karena mampu menyajikan performa 100% lebih cepat dibanding Snapdragon 810, GPU yang lebih cepat 40% namun dengan konsumsi daya 50% lebih rendah dibanding sebelumnya.

Selain prosesor premium yang paling baru, memorinya pun tak main-main karena berukuran raksasa yakni RAM 4GB dan memori internal 128 GB flash. Sektor baterainya biasa saja yaitu 3000 mAh yang dibekali dengan teknologi Quick Charge 3.0 dari Qualcomm.

mi 5

Baca: Xiaomi Gulirkan Antarmuka MIUI 7.1, Update Ponsel Kalian!

 

Pada bagian eksterior, Xiaomi memperkenalkan body yang diberi nama 3D ceramic. Ini pada dasarnya adalah material desain yang sama dengan Mi Note dan Samsung Galaxy Note 5, yakni memiliki rangka metal, panel depan dan belakang dari kaca, dan sensor fingerprint yang terintegrasi dengan tombol Home.

Smartphone ini menggunakan antar muka teranyar MIUI 7 yang berjalan di atas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Mi 5 merupakan smartphone pertama di keluarga Mi yang telah disuntikkan aplikasi Mi Video Calling. Ini adalah aplikasi cross platform baru untuk video chat yang mengandung efek live video dan mode multitasking.

Di sektor fotografi, kamera belakangnya memakai sensor Sony IMX298 dengan resolusi 16 megapixel yang dibekali teknologi inovatif 4-axis optical image stabilization (OIS) dan mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K. 4-Axis OIS ini cukup impresif terutama dipakai untuk merekam video karena bisa mengurangi getaran atau noise dengan lebih maksimal karena bisa mendeteksi goncangan dari berbagai arah. Sebagai informasi, kamera iPhone 6S saat ini memakai 3-axis OIS. Sementara kamera depannya mengusung sensor 2 micro-meter dengan ukuran 4 megapixel. Kamera untuk selfie ini memakai sensor terbaru Qualcomm yang bisa membuat wajah lebih cerah.

Bagaimana dengan harganya? Xiaomi memiliki dua versi, yakni Mi 5 Pro dengan kapasitas memori 128 GB yang dibanderol USD413 atau sekitar IDR 5,5 juta. Sedangkan versi generiknya yaitu Mi 5 yang memiliki kapasitas memori 64 GB dijual dengan harga USD 305 atau IDR 4 jutaan. Namun ini harga untuk China yang bisa saja berbeda dengan Indonesia karena ada berbagai biaya tambahan yang dibebankan.

Bagaimanapun, Mi 5 adalah smartphone premium dengan spesifikasi yang setara Samsung Galaxy S7 dan LG G5, namun dengan harga yang hanya separuhnya. Sebagaimana dikemukakan di atas, Xiaomi tetap menjaga strategi mempersenjatai produknya dengan spesifikasi tinggi, fitur melimpah, namun dengan harga yang rendah. Resep tersebut terbukti sukses hingga saat ini membawa Xiaomi menjadi salah satu merek smartphone kelas global yang pertumbuhannya sangat cepat.

Mi 5 akan tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, dan emas dan akan dipasarkan di China terlebih dulu pada awal Maret 2016. Dilanjutkan dengan India dan negara lain. Belum ada informasi resmi mengenai kapan akan dipasarkan di Indonesia.