ArenaLTE.com – Semenjak diperkenalkan dan ditanamkan sistem operasi Windows 10 Mobile, pada seri Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Microsoft mengungkapkan bahwa akan ada sistem keamanan pemindai mata atau iris scannning, yang bisa digunakan pada smartphone berbasis OS Window 10 Mobile nantinya. Bahkan, keamanannya diklaim lebih baik dari keamanan finger print yang ada saat ini.

Microsoft melalui situsnya memperkenalkan fitur Windows Hello bersamaan dengan teaser yang menjelaskan teknologi iris scanner yang akan hadir untuk perangkat lainnya.Lumia 950 dan Lumia 950 XL kini siap menggunakan Windows Hello, dan perangkat lainnya yang memiliki pengenal iris mata akan segera hadir.

“The Lumia 950 dan 950 XL siap untuk menggunakan Windows Hello sekarang, banyak perangkat yang memiliki pengenalan iris yang datang segera.” Ungkap pihak Microsoft, yang dilansir dari laman ubergizmo, Minggu (22/11/2015).

“Sekarang kita tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah fitur berati akan ada juga pada perangkat lain yang non-Microsoft dibuat, atau jika mereka bisa berbicara tentang lineup mereka sendiri seperti seri yang akan dating pada Lumia 650, atau bahkan mungkin ponsel baru yang saat ini membuat penampilan di benchmark browser,” lanjut Microsoft.

Belum jelas apakah maksud Microsoft ialah perangkat buatan non Microsoft atau jajaran perangkatnya seperti Lumia 650, atau mungkin Surface Phone yang baru-baru ini muncul di benchmark browser. Seperti diketahui, produk terbaru Microsoft sendiri untuk seri Lumia 950 dan Lumia 950 XL diungkapkan telah dirilis pada sekira September lalu.

Meski kedengaran canggih dan futuristik, iris scanner sejatinya sudah lebih dulu hadir di smatphone ViewSonic V55 dan ZTE Grand S3. Sayang gaung kehadiran iris scanner di kedua smartphone tersebut kurang bergaung.

Iris scanner merupakan metode otomatis identifikasi biometrik yang menggunakan teknik pengenalan pola matematis gambar video salah satu atau kedua iris mata seseorang. Identifikasi ini terbilang  kompleks dengan pola acak yang unik, stabil, dan dapat dilihat dari jarak tertentu. Berbeda dengan finger print yang memindai sidik jari dengan pola bentuk permukaan kulit yang kemungkinan diklaim masih memiliki kerentanan.