ArenaLTE.comTren smartphone selfie kian menjadi. Jika tahun-tahun sebelumnya, kompetisi produsen smartphone lebih ke kamera utama, kini sudah mengarah ke kamera selfie. Berbagai terobosan dilakukan untuk memanjakan pecinta selfie. Contoh terbaru, kini Vivo menghadirkan seri terbaru mereka Vivo V5 dan Vivo V5 plus yang dibuat khusus untuk pecinta selfie.

Seperti yang dilansir oleh Phoneradar, Vivo V5 dan  Vivo V5 plus akan hadir dengan fitur andalan selfie. Tak tanggung-tanggung, Vivo menancapkan kamera selfie berkekuatan 20 MP dengan Moonlight Flash. Sedangkan kamera utamanya hanya 13 MP saja. Kehadirannya akan menjadi pesaing berat smartphone selfie OPPO F1s yang menjadi kamera selfie dengan resolusi tertinggi saat ini yaitu 16 MP.

Untuk apa resolusi sebesar itu? Hanya Vivo dan pecinta selfie yang bisa menjawabnya. Mungkin saja akan dicetak seukuran baliho dan dipajang di pinggir jalan seperti yang biasa terjadi di musim kampanye. Karena untuk sekadar dipamerkan di media sosial, resolusi 16MP saja sudah lebih dari cukup. Secara kasat mata, bahkan tidak terlihat perbedaan signifikan jika dibanding dengan 8MP. Karena yang membedakan lebih ke kualitas sensornya.

Spesifikasi dan harga Vivo V5 dan Vivo V5 plus (1)Kedua ponsel tersebut akan hadir dengan Funtouch OS 2.6 diatas Android OS 6 Marshmallow yang kemungkinan bisa di-upgrade ke Android Nougat. Sedangkan untuk ViVo V5 rencananya akan memiliki layar 5.5-inch HD (1280 x 720 pixel).

Untuk prosesor agak mirip dengan V3 max yaitu Snapdragon 652 SoC Octa core 64 bit, RAM 4GB dan memori penyimpanan 32GB yang bisa ditambah dengan MicroSD hingga 128GB. Fasilitas lainnya yaitu HiFi chip audio AK4376 Hi-Fi dan tentnu saja beberapa sensor standar untuk konektifitas seperti Wi-Fi, GPS, GLONASS, Acelerometer, Light, Proximity, dan sensor E-compass.

Vivo V5 ini juga memiliki kemampuan dual-SIM dual standby dengan dukungan terhadap jaringan LTE baik itu FDD-LTE Band 1, Band 3 dan Band 5 maupun TDD-LTE band 40. Dan untuk sumber energi dipasangkan baterai 3.000 mAh. Untuk penampilan luarnya Vivo V5 ini dibalut casing metal dengan warna Gold atau Rose Gold dengan dimensi 153.8 x 75.5 x 7.55 mm dan bobot 154 gram.

Rencananya pengumuman resmi Vivo V5 ini akan dilakukan besok 15 November 2016 di India dengan harga dibawah INR 20,000 atau sekitar IDR3,9 jutaan. Dan pada waktu yang hampir bersamaan vendor asal Tiongkok ini juga berencana untuk meluncurkan Vivo X9 dan X9 plus untuk pasar lokal mereka.

Sebagai informasi, sejak berhasil masuk lima besar pabrikan ponsel global, Vivo terlihat kian percaya diri untuk berenang semakin dalam di industri ini. Lembaga riset IDC beberapa waktu lalu merilis bahw Vivo mampu tumbuh hingga 123.8 persen menikmati 10 persen penjualan dari pasar luar Tiongkok. Pabrikan smartphone ini mengantongi penjualan sekitar 14,3 juta unit pada kuartal pertama 2016.