ArenaLTE.com – Tahun 2016 diawali Opera dengan meluncurkan versi update Opera Mini Android Terbaru. Berbagai fitur canggih ditambahkan kedalam versi update Opera Mini Android Terbaru ini diantaranya yaitu pendeteksi dan pembuat kode QR, pengaturan download yang lebih canggih, dan hal yang terpenting adalah Opera Mini memperkenalkan lebih dari 90 bahasa untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Kenapa bahasa menjadi fitur yang penting? Berdasarkan data yang dirilis oleh McKinsey, kemampuan berbahasa menjadi salah satu penghalang terbesar untuk adopsi internet, yang menyebabkan kesulitan dan ketidaknyamanan dalam menggunakan teknologi digital, dan ini terjadi di negara-negara berkembang yang dihuni lebih dari 100 juta pengguna Opera Mini dengan sistem Android.

Masih menurut penelitan tersebut, di beberapa negara dengan populasi penduduk yang besar, seperti India, Indonesia, dan Nigeria, para pengguna umumnya masih menggunakan bahasa asli, dan ini menciptakan tantangan bagi pengembang aplikasi dan games di seluruh dunia, karena sebagian besar pengguna harus menggunakan layanan yang tersedia dalam bahasa kedua.

Pada Opera Mini versi awal, tampilan bahasa diatur agar sesuai dengan bahasa yang telah digunakan oleh sistem Android. Dengan Opera Mini terbaru, kita dapat memilih satu dari 90 bahasa yang tersedia. Bahasa paling umum yang digunakan di suatu negara pengguna akan muncul di urutan pertama pada menu pengaturan.

update Opera Mini Android terbaru Christian Uribe, Manajer Produk Opera Mini melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa fitur bahasa ini menjadi bagian penting untuk memudahkan akses internet bagi semua orang. “Bahkan untuk Indonesia kami merencanakan utuk dapat menambahkan bahasa Jawa ataupun bahasa daerah lainnya yang relevan dengan pengguna Opera Mini di Indonesia,” jelasnya.

Update Opera Mini Android Terbaru Dengan kode QR

Selain penambahan fitur bahasa, Update Opera Mini Android Terbaru juga memperkenalkan pendeteksi dan pembuat kode QR, serta fitur pengaturan download yang lebih canggih. Seperti yang dijelaskan Christian Uribe, kini banyak produk dan layanan yang menggunakan kode QR untuk memudahkan kita mengakses konten internet. Dengan kode QR kita bisa dengan mudah memindai dengan kamera smartphone dan kita dapat langsung melihat konten yang kita inginkan. “Kami juga menyertakan generator  kode QR sehingga kita bisa membuat sendiri kode QR untuk dibagikan dengan orang lainkatanya.

Fitur pengaturan download juga diperbaharui pada update Opera Mini Android terbaru ini. “Kami telah melakukan banyak penelitian tentang bagaimana kami dapat meningkatkan kemampuan download pada browser, karena kami memahami bahwa pengguna sangat peduli akan hal tersebut. Kamipun telah banyak melakukan perubahan untuk meningkatkan stabilitas dan kecepatan download,” kata Christian Uribe. Ingin mencoba Opera Mini versi terbaru? Silahkan Download Gratis disini