ArenaLTE.com – Regulasi mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G yang di pasarkan di Indonesia, sepertinya terasa cukup berat bagi para vendor smartphone untuk memenuhinya. Pun demikian, bukan berarti hal ini tidak bisa diakali oleh para pembuat produk untuk tetap bisa berlenggang di Tanah Air. Coolpad menjadi salah satu vendor asal Tiongkok yang sadar bahwa produk terbarunya seri Coolpad Max dan Coolpad Max Lite belum bisa memenuhi hal tersebut, sehingga harus mengunci koneksi 4G pada perangkatnya.

“Saat ini memang kita belum memberikan akses 4G, karena pemerintah belum memberikan izin untuk membuka akses 4G di kedua smartphone ini. Tetapi, dalam beberapa bulan ke depan kedua smartphone terbaru ini sudah bisa mendukung jaringan 4G,” jelas Jevees Jiang, Chief Executive Officer Coolpad Group, di sela pengenalan dua produk Coolpad terbaru, di Jakarta.

Ia menuturkan, memang bulan depan akan melakukan kerja sama dengan pihak Pemerintah, salah satunya dengan mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Hal tersebut dilakukan kemungkinan juga sebagai bagian dari syarat untuk memenuhi aturan TKDN tersebut.

“Untuk pabrik, rencananya akan berada di kota Surabaya sekira bulan ke-6 di 2016 ini, dan saat ini masih melakukan persiapan guna merealisasikannya,” tambah Jiang.

Jika dilihat dari spesifikasi yang dibawanya, jelas kedua smartphone ini harusnya memang sudah mendukung koneksi 4G di Indonesia, dan pihak perusahaan pun tidak membantah bahwa kedua produk masih mengandalkan 3G saat ini. Berikut spesifikasi yang dibawa dua perangkat tersebut.

Coolpad Max

Coolpad Max hadir dengan balutan bodi berwarna emas, dan dimensi layar 5.5 inci yang sudah didukung dengan panel Full HD display resolusi 1080 x 1920 piksel. Selain itu, seri ini juga sudah didukung dengan kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP, sebagai pendukung aktivitas selife pengguna.

coolpad max

Untuk bagian dapur pacunya, Max sudah didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952, prosesor yang memang sudah terintegrasi dengan modem 4G yang berjalan dalam jaringan LTE Cat 7. Prosesor ini juga diklaim mampu memberikan akses kecepatan internet hingga 300Mbps, serta sudah dipadukan bersama GPU Adreno 405 dan RAM 4GB.

Sedangkan untuk sistem operasi Max sudah mengadopsi OS Android 5.1 Lollipop, serta dukungan slot Dual SIM Card jenis nano. Untuk harganya sendiri, seri ini dibanderol sektar IDR5 juta.

Coolpad Max Lite

Untuk seri kandungnya ini, Coolpad Max Lite sebenarnya tidak berbeda jauh jika dilirik dari spesifikasi yang digunakannya. Coolpad Max Lite yang dikabarkan akan hadir dalam balutan warna putih ini, memiliki dimensi layar 5.5 inci yang juga sudah menggunakan panel HD 720p.

Coolpad max Lite

Sedangkan pada bagian dapur pacunya, Coolpad Max Lite hadir dengan sokongan prosesor Snapdragon 615 yang sebenarnya juga sudah mampu menjalankan koneksi 4G LTE. Prosesor ini juga sudah dibenamkan chip grafis Adreno 405 dan memori Ram 3GB.

Pada bagian kamera, Coolpad Max Lite hadir dengan resolusi sensor utama 13MP serta kamera depan 5MP. Pada penjualannya nanti, seri ini digadangkan dibanderol dengan harga sekitar IDR3 juta.