Karena menyangkut pernak pernik yang terkait langsung dengan tubuh manusia, maka pasar wearable devices punya segmen yang luas. Selain popularitas smart watch yang tengah booming, cincin perhiasan pintar alias smart jewelry ring juga punya kelas peminat tersendiri bagi kaum urban. Secara tampilan, smart jewelry ring punya rancangan khas ala cincin batu akik yang sedang kondang di Tanah Air. Di antara ragam smart rings, baru-baru ini rumah mode asal Perancis Emanuel Ungaro memperkenalkan cincin perhiasan pintar untuk pasar high end.

Menggadeng vendor wearable kenamaan asal Hong Kong Omate, Emanuel Ungaro menghadirkan cincin batu akik dengan fungsi smart ring yang sederhana namun dibalut kemewahan. Sederhana karena cincin perhiasan pintar ini hanya mengusung fitur VIP alert, seperti memberi notifikasi berupa getaran halus bila ada panggilan atau pesan teks masuk ke ponsel. Tapi namanya juga VIP alert, hanya ada satu kontak yang dapat diset sebagai VIP alert dan kesemuanya dapat dikendalikan lewat aplikasi Omate App. Cincin pintar Emanuel Ungaro tidak dirancang dengan pilihan pola getaran.

Sebagai eksekutor untuk produksi, wearable devices berbentuk cincin batu akik ini rencananya akan dibuat oleh sebuah pabrik perhiasan di Arezzo, Italia. Smart Jewelry Omate Ungaro ini ditawarkan dalam pilihan warna blue topaz, opalite, sapphire, onyx dan ruby untuk batu permata. Jika tak ada aral melintang, cincin batu akik ini akan mulai dirilis ke pasaran pada bulan November mendatang. Sebagai tahap awal, smart jewelry ring ini baru tersedia untuk terkoneksi ke perangkat iPhone, sementara untuk OS Android rencananya akan di update pada awal tahun depan.

Walau masuk kelas perhiasan yang melekat ke jemari, tapi tetap saja cincin batu akik ini adalah barang elektronik yang harus di-charge. Menggunakan cell baterai layaknya pada smartphone, masa siaganya bisa digunakan sampai lima hari.

Dikutip dari situs Wearable.com (11/8/2015), inspirasi rancangan Smart ring cocktail berasal dari desain botol Ungaro’s Diva Perfume yang dirilis pada tahun 1983. Saat itu, penulis dan aktris kenamaan Joan Collins pernah menggunakan parfum ini. Lalu bagaiman dengan harga? Dari keterlibatan nama-nama besar di dunia mode dan wearable, maka bisa ditebak harga cincin ini tak murah, per cincin nantinya akan dijual di rentang US$500 sampai US$2.000, tergantung dari pilihan ornamen dan akan dijual perdana lewat jalur toko perhiasan Richline Group. Bagaimana, Anda tertarik?