ArenaLTE.com – Yotaphone menjadi salah satu ponsel yang diburu pecinta gadget. Pasalnya, smartphone ini menawarkan sesuatu yang unik yaitu hadir dengan dua layar depan belakang. Smartphone asal Rusia ini pertama kali dirilis pada 2013. Generasi penerusnya YotaPhone 2 diluncurkan pada 2014. Namun baru dua tahun berikutnya meluncur ke pasar Indonesia.

Hari ini, YotaPhone 2 remi diluncurkan di Indonesia melalui Maxindo Telemedia Nusantara yang selama ini bergerak di distribusi voucher provider maupun pemilik merek ponsel lokal Pixcom. “Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mendatangkan ponsel pintar Yotaphone 2 ke Indonesia. Ponsel pintar spektakuler ini membawa terobosan baru dalam peta teknologi perangkat nirkabel global dengan mengusung sebuah konsep mutakhir yang menggabungkan teknologi dan fungsi,” ujar Tri Sasono Kimas, CEO Maxindo Telemedia Nusantara, saat peluncuran yang digelar di Russian Centre for Science & Culture, Menteng, Jakarta (16/2/2016).

Sementara itu Ted Samuel, Wakil Direktur Maxindo Telemedia mengatakan ponsel ini hadir guna menjawab permintaan dari masyarakat Indonesia yang juga adalah penggemar kegiatan membaca. “YotaPhone 2 memiliki peran ganda sebagai ponsel aktif agar pengguna senantiasa terhubung, serta instrumen informasi yang sarat berita dan informasi penting yang dapat dinikmati cukup dengna sekali tekan mode real-time,” ujarnya.

Ted mengakui, smartphone ini terlambat cukup lama untuk dapat dipasarkan ke Tanah Air. Ia berdalih karena sebelum dipasarkan, ada beberapa proses yang perlu diikuti. Yaitu melakukan studi pasar mengenai minat terhadap ponsel ini dan memenuhi regulasi dari pemerintah. “Kami melihat peluang untuk memasarkan YotaPhone 2 karena semua segmen pasar terbuka luas di sini. Dari kelas low-end sampai high-end memiliki pasarnya tersendiri. Apalagi YotaPhone 2 ini memiliki keunikan dengan dua layar berbeda. Cocok bagi pengguna yang ingin tampil beda dan menyukai sesuatu yang unik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Mikhael Belousov, Business Development Head of Asian Division YotaPhone mengatakan inti dari daya tarik ponsel ini terletak pada perpaduan apik antara layar LCD dan EPD (Electronic Paper Display) yang hemat energi. Ponsel ini dirancang dengan cermat, memiliki spesifikasi tinggi, serta fungsi layar sentuh pada kedua layar yang membuatnya terlihat unik.

Bagian depan yang merupakan layar utama tampil seperti smartphone Android pada umumnya. Antar mukanya pun tidak mengalami perombakan dengan UI khusus, namun hanya memakai stock Android UI. Meski demikian, di dalamnya telah disuntik beberapa aplikasi buatan Yota seperti  YotaNotes, YotaReader, YotaFit, YotaSports, dan YotaHub.

Baca juga: Jajaran 6 Ponsel Baru yang Masih Bermuka Dua

Nah, bagian belakang yang merupakan selling point dari YotaPhone 2. Layar EPD hanya satu warna (monokrom) yang mendukung touchscreen. Meski dirancang untuk membaca e-book, layar kedua YotaPhone 2 bisa dipakai untuk membalas SMS, melakukan panggilan telepon, melihat notifikasi, membalas e-mail, bahkan berfoto selfie. Sayangnya, layar e-paper ini kurang responsif. Hal ini membuat pengguna harus membiasakan diri terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Mikhael menjelaskan, ada lima karakteristik yang unik pada YotaPhone 2 yaitu sebagai berikut: aplikasi YotaEnergy yang membuat ponsel dapat bertahan hingga dua hari dengan fungsi dasar ponsel atau lima hari untuk fungsi baca, teknologi layar yang ramah di mata pengguna, tidak ada lagi gangguan pantulan cahaya atau sinar matahari pada layar ponsel, menu pada sisi belakang ponsel dapat disesuaikan sehingga informasi penting selalu dapat disimak dan diketahui oleh pengguna, YotaCover yang memungkinkan pengguna bermain dengan tampilan wallpaper yang menarik. Selain itu, terdapat pilihan YotaMirror yang dapat memunculkan keseluruhan fungsi dari sistem operasi Android pada layar EPD

Spesifikasi YotaPhone 2 adalah berbekal chipset Snapdragon 801, prosesor quad-core Krait 400 berkecepatan 2,3 GHz, RAM 2 GB, dan GPU Adreno 330. Dari user experience singkat, performanya terbilang cukup memuaskan. Namun untuk spesifikasi seperti itu, harga yang dibanderol terbilang cukup tinggi.

Di Indonesia, YotaPhone 2 dipasarkan secara ekslusif di situs Blibli.com dengan harga normal IDR 8.999.000. Khusus selama masa preorder, terdapat potongan sebesar IDR 2 juta dari OCBC NISP, BCA, MNC Bank, Bank Permata, dan ANZ. Untuk ketersediaan di pasar retail,  Ted mengungkapkan YotaPhone 2 akan mulai dijual pada Maret 2016.

Spesifikasi YotaPhone 2

Spesifikasi-YotaPhone-2