ArenaLTE.com – Sesuai dengan  jadwal yang sudah dicanangkan, Produsen jam tangan asal Swiss, Tag Heuer meluncurkan smartwatch pertama dalam sebuah acara khusus di New York, Amerika Serikat. Jam tangan ini dijuluki Connected, sebuah Android Wear nan cerdas seharga 1500 dolar AS yang terinsipirasi dari Tag Heuer Carrera.

Tag Heuer Connected dikembangkan melalui kolaborasi dengan Google dan Intel. Soal spesifikasi, jam tangan ini dipersenjatai prosesor dual core berclockspeed 1.6 GHz dari Intel. Mendukung layar circular transflective LTPS LCD 1.5 inci (dilindungi dengan kristal safir anti gores) dengan resolusi 360×360 piksel, sehingga kerapatan pikselnya menjadi 240 ppi.

Tag Heuer Connected ini juga sudah disuplai dengan RAM 1GB serta tak ketinggalan memori internal sebesar 4GB. Soal baterai, jam tangan mewah ini menyisipkan sumber daya berkapasitas 410 mAh. Di bagian sensor,Tag Heuer Connected menyertakan giroskop, tilt detection sensor, mikrofon dan sebuah haptic engine.

Sesuai namanya, Tag Heuer Connected, jam tangan cerdas ini pun didukung sarana konektivitas seperti layaknya sebuah smartphone. Tag Heuer Connected dibenami fasilitas seperti Bluetooth BLE 4.1 dan Wi-Fi (2.4 GHz 802.11 B/G/N) untuk transfer data serta akses internet dan jaringan.

Berat jam tangan ini sekitar 52 gram didukung dengan lebar 46 mm dan ketebalan 12,8 mm. Tag Heuer Connected kompatibel dengan Android 4.3+ atau iOS 8.2+. Dilengkapi dengan monitoring arah angin dan cucaca.  Selain itu sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya menjadi jam tangan tangguh anti air dan debu.

“Tag Heuer Connected menyertakan juga satu set digital watch face dengan Tag Heuer dial nan klasik,” ujar David Singleton, VP of Engineering, Android Wear dalam blog post-nya. “Kamu bisa mempersonalisasi informasi apa saja yang ingin kamu lihat: cuaca, langkah kaki atau kalori.”

Satu hal lagi yang bisa disinggung, setelah dua tahun, kalian bisa mengeluarkan dana tambahan 1500 dolar AS dan menukar smartwatch Connected ini dengan jam yang lebih tradisional yakni Tag Heuer Carrera yang harganya sekitar 3000 dolar AS. Tag Heuer Connected segera mendarat di kawasan Eropa pada 12 November.