ArenaLTE.com – Dalam beberapa laporan, tablet Amazon belum menunjukkan kinerja yang layak di pasaran. Perusahaan yang besar dari layanan toko buku online ini belum berhasil seperti halnya Apple dalam memasarkan iPad. Berangkat dari kebutuhan perusahaan untuk ekspansi bisnis di pasar tablet kawasan Amerika, Amazon menunjukkan keseriusannya menggarap pengembangan tablet generasi baru. Salah satu yang akan diluncurkan adalah sosok tablet Amazon 6 inchi dengan harga sangat kompetitif, hanya US$50.

Kabar bakal hadirnya tablet Amazon 6 inchi dengan harga ‘merakyat’ dilaporkan oleh The Wall Street Journal (7/9/2015). Momen peluncuran tablet Amazon ini pun disebut-sebut pada awal musim gugur ini. Bila merujuk ke periode musim gugur di Amerika Serikat, maka bisa jadi tablet Amazon terbaru akan meluncur pada 22 September mendatang. Sebagai perbandingan, harga tablet Amazon Fire HD dibanderol US$99.

Untuk mempersiapkan hajatan besarnya, Amazon sebelumnya telah memilih beberapa perusahaan OEM (original equipment manufacture) di luar AS untuk memproduksi tablet dengan harga produksi seefesien mungkin, diantara OEM yang terlibat ada Huaqin Telecom Technology Co dan Taiwan Compal Communications Inc.

Jeff Bezos, Chief Executive Amazon menyebutkan,”Nantinya kami akan menawarkan dua varian dengan harga US$50, yakni Fire Tablet dan Kindle e-reader. Perangkat memang secara khusus kami sasar untuk down market dengan profile pengguna muda.” Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi rincian tentang spesifikasi dari tablet murah ini. Selain bentang layar, kabarnya tablet 6 inchi Amazon hanya dilengkapi speaker mono. Saat momen peluncuran nanti, Amazon juga telah mengklaim akan meluncurkan tablet 8 inchi dan 10 inchi.