ArenaLTE.com – Dalam waktu dekat ini, Samsung Galaxy S6 yang tadinya mutakhir bakal langsung terlihat uzur. Bagaimana tidak, sang penerus bernama Samsung Galaxy S7 dikabarkan segera muncul awal tahun depan. Bahkan sudah beredar pula informasi jika seri ini akan keluar dalam dua versi prosesor: Premium dan Sub-Premium. Nah lho.

Jika laporan dari ET News benar adanya, versi Premium akan mengakomodasi elemen penting buat pembeli dari kalangan enterprise. Ambil contoh fungsi background seperti enkripsi yang tidak mengganggu performa. Hal tersebut diungkap analis dari Strategy Analytics, Phil Hochmuth.

“Dari perspektif bisnis, versi premium dari ponsel tersebut adalah sebuah device yang akan dipilih corporate IT dan telecom manager untuk keperluan perusahaan. Atau untuk list pra persetujuan dalam program choose-your-own device (CYOD),” ujar Hochmuth seperti dikutip dari computerworld.

Menurutnya, spekulasi seputar dua versi Samsung Galaxy S7 ini adalah sebuah contoh langkah khusus Android dan Samsung dalam menantang Apple di sektor enterprise. Knox security protection milik Samsung misalnya, adalah hasil kerjasama dengan Red Hat pada aplikasi enterprise dan proteksi keamanan terbaru dalam Android 6.0 Marshmallow. Semisal 128-bit full-disk encryption.

Dalam laporan ET News, disebutkan jika Samsung Galaxy S7 versi premium akan dijejali prosesor Exynos M1 buatan perusahaan asal Korea Selatan itu. Patrick Moorhead, analis dari Moor Insights & Strategy menilai pendekatan Samsung tersebut sangat masuk akal, setiap desainer prosesor mempunyai tingkat berbeda untuk setiap level smartphone.

CPU powerful seperti Exynos M1 akan sangat menarik kalangan enterprise karena lebih memungkinkan dalam memberikan dukungan fungsi keamanan background terbaik, seperti enkripsi dan deteksi ancaman tanpa mempengaruhi performa.

Laporan dari ET News juga membeberkan rencana Samsung seputar peluncuran Galaxy S7. Pihak terkait disebutkan memberikan konfirmasi bahwa pengumuman seputar keberadaan smartphone baru itu akan dilakukan pada Januari tahun depan.

Lebih jauh, Samsung Galaxy S7 dirumorkan mengusung material casing berbahan magnesium alloy serta didukung Hi-fi audio. Untuk sektor audio ini, Samsung Galaxy S7 akan hadir berbalut Sabre 9018AQ2M audio chip yang dikembangkan ESS Technology. Jadi, ponsel ini bisa menjadi perangkat Hi-Fi dengan kualitas audio superior. Bocoran lain menyebutkan jika ponsel ini mendukung fitur yang mirip 3D-Touch dan juga port USB Type-C.