ArenaLTE.com – Samsung Galaxy S6 saja masih terasa auranya sebagai smartpone baru dengan fitur premium serta desain radikal. Belum selesai hype kedatangan flagship Samsung tersebut, nyatanya perusahaan sudah kembali mempersiapkan Samsung Galaxy S7. Meski masih berupa rumor mengenai fitur Samsung Galaxy S7, namun suksesor Galaxy S6 tersebut sangat siap menjadi flagship masa depan Samsung dalam waktu dekat ini.

Ada banyak informasi yang bisa digali dari berbagai tempat mengenai fitur Samsung Galaxy S7 yang dianggap sebagai Project Lucky (di Korea Selatan, tujuh adalah angka keberuntungan). Nah, informasi yang masih berupa rumor ini kami kumpulkan dalam satu tempat.

Selain spekulasi fitur Samsung Galaxy S7 seperti chipset, layar, kemampuan kamera, ada aspek lain yang cukup menarik. Aspek yang menjadikannya salah satu smartphone dahsyat di segmen high end. Berikut beberapa rumor yang memaparkan betapa canggihnya fitur Samsung Galaxy S7 yang merupakan smartphone masa depan Samsung ini.

  1. Bodi berbahan glass-on-magnesium nan tipis

Rumor yang tengah beredar memberi bocoran jika Samsung Galaxy S7 akan  mengusung frame berbahan magnesium alloy yang dibungkus cover kaca. Tak terlalu jauh berbeda dengan apa yang kita temukan dalam Samsung Galaxy S6. Jadi, seri baru ini tetap melanjutkan perubahan tren desain Samsung yang lebih premium.

  1. Display lebih lega

Ukuran display Samsung Galaxy S7 menjadi salah satu spekulasi yang sangat kencang berhembus. Bukan karena minimnya informasi, tapi karena banyak bocoran yang kontradiktif. Ada kemungkinan kita akan  mendapati sebuah smartphone berlayar flat dengan diagonal 5,7 inci atau produk berlayar 5,7 inci dengan sisi layar lebih curvy. Tapi kita tetap harus menunggu informasi yang lebih kredibel.

  1. Menggunakan chipset Exynos dan Snapdragon tercepat saat ini

Dua chipset tercepat besutan Samsung dan Qualcomm diharapkan akan menjadi andalan Samsung Galaxy S7. Apalagi kalau bukan Exynos 8890 dan Snapdragon 820 yang kemungkinan dirancang menggunakan metode produksi 14nm masa depan Samsung.

Chipset 14nm pertama seperti Exynos 7420 dalam Samsung Galaxy S6 atau Apple A9 di iPhone 6s menggunakan node Low Power enhanced (LPE). Sementara tahap berikutnya adalah chip 14nm Laser-Produced Plasma (LPP). Proses LPP menawarkan performa lebih tinggi dengan konsumsi daya lebih rendah.
Baca juga: Samsung Galaxy S7 Muncul Awal Tahun Depan dengan Bekal Exynos M1

  1. Kamera lebih besar dan lebih baik

Kamera menjadi satu hal yang cukup menyita perhatian seperti halnya ukuran layar. Mengacu pada rumor yang beredar, kamera Samsung Galaxy S7 akan mengadopsi sensor lebih besar atau resolusi lebih besar dari 16 MP yang ditanamkan pada Samsung Galaxy S6.

Kandidat pertama yang kemungkinan dijejalkan adalah sensor 20MP dengan RGBW piksel buatan Samsung yang dibuat dari proses 28nm untuk mengurangi konsumsi power. Pola warna RWB meningkatkan sensitivitas cahaya dan meningkatkan pengurangan noise dalam kondisi low light.

Pilihan lain jatuh pada kamera 12MP yang tengah digarap Samsung dengan sensor 1/2″. Jika informasi yang beredar cukup kredibel maka kedua sensor ini mungkin saja akan dibenamkan dalam Samsung Galaxy S7.

  1. ESS audio chip terdedikasi

Samsung sudah tak asing lagi dengan audio kualitas tinggi DAC dalam ponselnya. Sampai sekarang, perusahaan ini menggunakan Wolfson. Jadi masih belum jelas perbedaan mendasar dan kualitas seperti apa yang disuguhkan dari ESS dalam Samsung Galaxy S7 ini.

  1. Teknologi Pressure-sensitive screen

Synaptics, produsen dari hal-hal yang berbau kontrol dan sentuh, memasukkan Samsung sebagai salah satu partner inti untuk teknologi ClearForce pressure-sensitive touchscreen mereka. Mirip dengan teknologi 3D Touch-nya Apple dalam iPhone 6s dan 6s Plus. Mendukung fitur melimpah mulai dari scrolling dengan kecepatan bervariasi, unlock layar, kontrol gaming yang lebih unik dan lain-lain.

  1. Konektor USB Type-C

Rumor ini masih belum jelas, karena hanya mengacu pada fakta bahwa beberapa smartphone yang akan dirilis di 2016 akan mengadopsi teknologi USB Type-C.