ArenaLTE.com – Sony Mobile bisa dibilang semakin terhimpit oleh kerasnya persaingan industri smartphone. Tapi perusahaan ini masih mencoba bangkit sekuat tenaga untuk lepas dari tekanan. Flagship terbarunya Sony Xperia XZ merupakan bukti bahwa mereka belum mau menyerah dengan situasi dan kondisi yang kurang bersahabat.

Sony Xperia XZ sendiri baru saja menjajaki tahap pre order di pasar AS sepekan lalu. Dan belakangan, smartphone ini mulai tersedia di pasaran. Berapa sih harga jualnya? Sang vendor ternyata membanderolnya di kisaran 700 dolar AS atau setara IDR 9,8 jutaan (kurs 14000). Hmm, mahal nggak sih? Pokoknya supaya lebih afdol, kita intip sedikit deh spesifikasinya.

Buat yang rela menghabiskan rupiah, kalian bisa menikmati smartphone berdesain stylish yang dirancang dari material logam. Ponsel yang memakai konsep desain Omnibalance ini punya dimensi 146 x 72 x 8.1mm dan bobot 161 gram.

Sementara di area layar sentuh, Sony Xperia XZ ini memiliki bentangan sekitar 5,2 inci. Vendor menyuntikkan resolusi full HD 1080p sebagai penampil antarmuka ponsel. Sayang sekali, pasalnya smartphone flagship saat ini pada umumnya sudah mulai menerapkan resolusi Quad HD lho. Guna melindungi layarnya, Sony Xperia XZ melapisi bagian touchscreen dengan panel anti gores Gorilla Glass 4 besutan Corning.

sony xperia XZ abLalu bagaimana dengan dapur pacunya? Tak perlu kuatir karena smartphone ini sudah dibekali dengan chipset papan atas Snapdragon 820 dari Qualcomm. Setidaknya bisa bersaing dengan flagship lain yang rata-rata mengantongi dapur pacu serupa.

Sayangnya, Sony Xperia XZ tampil sangat nanggung dengan RAM hanya 3GB dan memori internal 32GB. Kembali area ini mendapat sorotan mengingat banyak rivalnya yang muncul dalam paket memori lebih dahsyat yakni RAM 4 sampai 6GB serta memori internal 64 hingga 256GB. Tapi kalau ingin menambah memori, kalian bisa menyisipkan kartu microSD kok.

Imaging menjadi aspek yang jadi andalan Sony Xperia XZ. Rasanya keterlaluan jika kamera ponsel ini tidak terlihat ‘sangar’, mengingat Sony adalah salah satu produsen sensor pada mobile camera paling mumpuni saat ini.

Alhasil, resolusi 23MP sudah jadi standar kamera utama Sony Xperia XZ. Bisa merekam video dengan kualitas setara 4K. Sementara kamera depannya tak kalah canggih dengan resolusi 13MP. Mengusung lensa wide angle, dilengkapi ISO 6400 serta bisa merekam video Full HD.

Bagaimana dengan dukungan fitur dan fasilitas lain? Sony Xperia XZ sudah menggunakan USB Type-C sebagai sarana konektivitas. Smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP65/68 yang membuatnya tampil anti air dan anti debu.

Buat internetan, seri ini tentu bisa sangat ngebut berkat dukungan 4G LTE. Nah, Xperia XZ mengandalkan LTE Cat. 9 yang memiliki kecepatan download 450 Mbps dan upload 50 Mbps.

Hanya saja, Sony Xperia XZ ternyata belum mengadopsi sensor sidik jari. Padahal, saat ini nyaris semua perangkat menengah atas sudah menerapkan teknologi security ini. Baterainya pun hanya berkapasitas 2900mAh lho.