ArenaLTE.com – Sony baru saja mendebut amunisi barunya Xperia XA Ultra, sebuah ponsel yang mengusung layar lega seluas 6 inci. Meski membidik segmen menengah, namun smartphone ini dibungkus dalam balutan bodi metal, sehingga tetap terkesan premium. Seri baru ini sudah muncul di situs resmi mereka dan segera beredar secara global dalam waktu dekat ini.

Seri ini menjadi senjata handal berbasis jaringan 4G LTE Cat. 4, dengan kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps. Selain dukungan internet kecepatan tinggi, konektivitas seperti GPRS/ EDGE, 3G, A-GPS, Wi-Fi Miracast, Bluetooth 4.1, DLNA, NFC dan Micro-USB tersedia di smartphone ini.

Sony Xperia XA UltraBodinya cukup bongsor karena mengusung layar seluar 6 inci pada resolusi full HD (1080×1920 piksel). Gambar yang tertampil masih cukup tajam dan terlihat detil. Pasalnya, kerapatan piksel yang dihasilkan termasuk menjanjikan pada 367 ppi. Teknologi BRAVIA engine 2 menambah dahsyat kualitas tampilan dari layar smartphone ini.

Salah satu highlight utama dari Sony Xperia XA Ultra adalah kamera depan yang mengusung sensor berkekuatan 16MP. Bersandar pada Exmor R for Mobile dan sudah didukung dengan lampu flash. Berbagai fitur dijejalkan dalam kamera selfie ini mulai dari OIS (optical image stabilization), auto focus, lensa wide angle hingga 88 derajat dan foto HDr.

sony xperia xa ultra 3Smartphone yang hanya menyediakan satu slot nano SIM card ini mengandalkan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Menariknya, akhir-akhir ini Sony sepertinya  tambah lengket dengan pabrikan chipset asal Tiongkok Mediatek. Sang vendor tak kelihatan malu-malu lagi menyisipkan MediaTek Helio P10 (MT6755) sebagai dapur pacu seri kelas menengahnya.

Untuk melengkapi kinerjanya, Sony Xperia XA Ultra disuntik dengan RAM 3GB dan memori internal 16GB. Selain itu, smartphone ini mendukung slot microSD yang sanggup dijejali memori hingga 200GB.

Oh ya, hampir saja ketinggalan, selain memiliki kamera depan sangar, Xperia XA Ultra ini memiliki kamera belakang resolusi 21,5MP dilengkapi Exmor RS for mobile, fitur quick launch, hybrid autofocus, HDR, auto-scene recognition dan LED flash.

Sony juga mengkonfirmasi jika Xperia XA Ultra mempunyai quick charger yang mendukung fast charging. Handset ini akan tersedia dalam beberapa pilihan warna White, Black dan Lime Gold. Buat baterainya, perusahaan menyisipkan sumber daya berkapasitas 2700 mAh. Alhasil ponsel dengan dimensi 164.2×79.4×8.4mm ini memiliki bobot 190 gram.