ArenaLTE.com – Pembaruan sistem operasi Android dari versi 4.4 ke versi 5.1.1 atau Lollipop, memang telah banyak disediakan oleh para produsen saat ini. Tak ingin tertinggal dengan pesaingnya, Sony Mobile diungkapkan telah menghadirkan update Android Lollipop Xperia M2. Hal ini juga untuk mematahkan atas rumor sebelumnya yang mengungkapkan bahwa hanya keluarga seri Xperia Z saja yang diberikan pembaruan tersebut.

Dilansir dari laman Phonereview, Jumat (18/9/2015), setelah beberapa Minggu menghadirkan pembaruan sistem untuk keluarga seri Xperia Z, dan Xperia C3. Sony kini menghadirkan update Android Lollipop Xperia M2 yang langsung masuk ke pembaruan seri 5.1.1.

Pembaruan platform mobile yang dihadirkan banyak produsen, memang tidak serempak berjalan bersamaan dan terkadang membutuhkan waktu lebih bagi produsen lainnya. Hal ini sepertinya yang terjadi pada Sony Mobile, meski tidak juga bisa dibilang terlambat namun kehadiran update Android Lollipop Xperia M2 menjadi awal bahwa keluarga seri Xperia M lainnya menyusul.

Sumber informasi mengungkapkan bahwa pembaruan firmware untuk Android 5.1.1 untuk keluarga Xperia M lainnya akan menyusul, seperi M2, M2 Dual, M2 Aqua yang dikabarkan juga telah mendapatkan sertifikasi pembaruan dengan nomor seri 18.6.A.0.175. Sehingga, kemungkinanan sistem operasi Android 4.4 akan langsung mendapat Android 5.1.1 Lollipop.

Namun sayang, belum diketahui persis mengenai waktu pembaruan yang akan dihadirkan untuk keluarga seri smartphone Xperia M lainnya. Meski diyakini bahwa sistem akan diturunkan dengan cara Over-the Air (OTA, tetapi pengguna bisa melakukan pemeriksaan langsung melalui.

Untuk melakukan pemeriksaaan pembaruan tersebut, pengguna bisa mengakses menu pengaturan kemudian masuk dalam menu about phone dan dilanjut langsung mengakses ke menu software update. Dalam tampilan ini, pengguna bisa memeriksa dan langsung melakukan pembaruan jika sudah tersedia.

Namun perlu dicatat, dalam proses pembaruan sistem kebanyakan perangkat akan memakan sumber daya lebih besar dari konsumsi penggunaan biasa. Pastikan saat melakukan hal ini pengguna telah mengisi baterai perangkat dalam keadaan penuh. Serta untuk menghemat kuota data dan sistem ter-update sempurna, sebaiknya dilakukan melalui koneksi nirkabel WiFi di area hotspot yang lebih stabil dan koneksi data yang kencang.