ArenaLTE.com – Sony kini memperkenalkan produk terbaru sebagai pelengkap dari lini produk kamera mirrorless besutannya yakni Sony α6300. Kamera yang hadir dengan sistem 4D FOCUS yang t dapat mengunci fokus pada subjek hanya dengan waktu 0,05 detik, dan tercatat sebagai waktu akuisisi AF tercepat di dunia.

Kamera mirrorless terbaru ini juga dilengkapi 425 titik deteksi fasa AF yang diposisikan secara padat di seluruh area gambar, jumlah fasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera berlensa interchangeable dan mampu memperoleh kecepatan 11 fps dengan autofokus secara terus-menerus dan pengaturan pembukaan lensa.

Model mirrorless terbaru ini juga memiliki kemampuan untuk mendukung pengambilan gambar penuh live-view dan terus menerus pada Tru-Finder atau layar LCD dengan kecepatan 8 fps, yang akhirnya menghasilkan pengalaman pengambilan gambar tanpa penundaan (real-time) yang menggabungkan keunggulan antara jendela bidik (viewfinder) elektronik dengan kecepatan jendela bidik optikal melalui-lensa.

Kamera α6300  ini dilengkapi dengan sensor Exmor CMOS 24.2 MP berukuran APS-C yang bekerja sama dengan mesin prosesor BIONZ X untuk dapat menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik pada rentang sensitivitas ISO 100 – 51200. Kamera juga diklaim mampu merekam video berkualitas 4K dengan pembacaan piksel secara penuh tanpa adanya interpolasi piksel dalam format yang sudah banyak digunakan yaitu Super 35mm.

sony a6300_1

Untuk persenjataan lainnya, kamera α6300 selain memiliki senjata sensor 24.2 MP terbaru dipadukan juga dengan mesin pemrosesan BIONZ X. Sensor tersebut telah menggunakan kabel tembaga pada strukturnya, yang meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya dan secara signifikan mempercepat proses pembacaan data.

Prosesor BIONX Z telah didukung oleh algoritme pemroses gambar yang diperbaharui dirancang untuk dapat mendorong kemampuan sensor secara maksimal. Kedua komponen kunci ini bekerja sama dalam menghasilkan gambar dengan tingkat noise yang rendah dan memiliki resolusi menakjubkan dalam tingkat pengaturan sensitivitas hingga ISO 512003, secara khusus pada jangkauan sensitivitas menengah-ke-tinggi.

Dungan resolusi 4K

Merupakan pertama kalinya pada kategori kamera interchangeable non full-frame Sony, kamera α6300 menawarkan perekaman film 4K internal dengan format Super 35mm. Ketika merekam dengan kualitas 4K, kamera menggunakan pembacaan piksel secara penuh tanpa ada interpolasi piksel untuk dapat menangkap informasi sebesar 20 megapiksel – kurang lebih 2,4x[6]  (sama dengan 6K) lebih banyak piksel jika dibandingkan dengan 4K UHD dan memperbanyak informasi untuk dapat menghasilkan rekaman berkualitas tinggi dengan kerincian dan kedalaman menakjubkan.

Kamera ini menggunakan codec XAVC selama perekaman video, yang dapat merekam dengan kecepatan tinggi 100 Mbps7 pada perekaman 4K dan 50 Mbps pada perekaman standar Full HD, memastikan kerincian dan kejelasan maksimal pada kedua format video. Sebagai tambahan, kamera akan lebih fokus kurang lebih dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya pada saat perekaman film berkat adanya sistem AF yang telah diperbaharui dan ditingkatkan. Kecepatan AF dan sensitivitas trackingAF dapat disesuaikan sesuai kreativitas.

Kamera α6300 dengan lensa SELP1650 tersedia di Indonesia mulai 1 Mei 2016. Kamera ini juga dikabarkan akan dibanderol dengan harga pasaran sekira IDR 15 juta untuk body only, sedangkan  α6300L dengan kit lens SELP1650 dipasang harga IDR17 juta.