ArenaLTE.com – Setelah banyak diperbincangkan di jagad media sosial, Samsung akhirnya resmi meluncurkan smartwatch Samsung Gear S2 di ajang IFA 2015 yang berlangsung di Berlin, Jerman pekan ini. Smartwatch Samsung Gear S2, yang mengambil arah desain baru karena meninggalkan tampilan form-factor yang luas mendukung lebih pada desain bulat. Di jam pintar ini, Samsung menawarkan model smartwatch yang lebih mengarah pada tampilan desain jam klasik.

Dalam merilis perangkat wearable ini, Samsung bermitra dengan desainer Italia kenamaan Alessandro Mendini. Mereka menawarkan beragam aksesori ekslusif untuk Gear S2 yang baru, dengan tampilan bentuk bundar multi-guna yang intuitif, custom UX (user experience) dan berbagai fitur unggulan yang canggih.

Kemitraan antara Samsung dan Alessandro Mendini memberikan beragam opsi kepada pemakai Gear S2 agar dapat melakukan personalisasi pada smartwatch mereka. Dipilihnya Alessandro Mendini karena desainer ini dianggap memainkan peranan penting dalam perkembangan desain modern Italia. Ia terkenal piawai dalam memadukan berbagai macam budaya dan sensistif dalam hal mendobrak batas-batas desain konvensional dan fungi.

Filosofi desain tersebut sejalan dengan pendekatan Samsung pada piranti wearable yang mendefinisikan ulang mobile communication yang fungsional tapi juga terlihat chic dan membawa pengalaman lebih personal.

Transformasi pada sisi desain diperlihatkan lewat hadirnya dua tombol di sisi untuk Home dan fungsi tombol back. Seperti halnya jam sport, bagian bezel dapat diputar layaknya jam tangan chronograph analog.

Smartwatch Samsung Gear S2

Smartwatch Samsung Gear S2 hadir dalam tiga varian, yakni Gear S2, Gear S2 Classic dan Gear S2 3G (dengan sokongan SIM). Ketiga-tiganya menggunakan sistem operasi Tizen 2.3.1 , berlayar Super AMOLED 1.65 inchi resolusi 360 x 360 pixels dengan diameter 1.2 inchi, prosesor dual core 1 Ghz,  RAM 512MB. memori internal 4GB dan teknologi NFC (Near Field Communication).

Bicara tentang hadirnya bezel yang dapat diputar, fitur ini berfungsi untuk mengakses dan navigasi dari tiap aplikasi. Selain itu bezel juga berfungsi untuk mengatur fokus zoom in dan out pada menu kamera.

Selain hadir dalam warna putih, smartwatch Samsung Gear S2 juga hadir dalam pilihan tali berwarna abu-abu gelap. Khusus untuk varian Gear S2 SG yang dilengkapi eSIM, smartwatch dapat menjalankan fungsi panggilan telepon. Samsung nampak kali ini sangat mengedepankan unsur fashion dalam smartwatch-nya, seperti pada varian “Classic” Gear S2 dengan sasis hitam dan tali kulit juga berwarna hitam. Hingga kini, Samsung belum mengumumkan harga resmi perangkat ini.

Selain smartwatch Samsung Gear S2 SG, Untuk bisa memfungsikan jam tangan pintar ini secara penuh, pengguna hanya tinggal menghubungkan Gear S2 dengan headset yang memiliki koneksi Bluetooth. Kalau sudah dihubungkan dengan ponsel atau tablet, maka secara keseluruhan pengguna bisa menggunakan jam tangan pintar ini untuk menghapus notifikasi dari kedua perangkat tersebut dengan sistem sinkronisasi.