ArenaLTE.com – Indonesia segera kedatangan smartphone berbasis Tizen. Adalah smartphone Samsung Z2 yang terindikasi bakal membajiri pasar dalam waktu dekat. Sebuah smartphone yang mengusung nomor model SM-Z200F yang tak diragukan lagi sebagai Samsung Z2 ini baru saja lolos sertifikasi Dirjen Postel.

Seperti diketahui, smartphone Samsung Z2 adalah andalan baru dari sang vendor yang berbasis sistem operasi besutan sendiri bernama Tizen. Smartphone ini sendiri sudah tersedia di pasar India dan Afrika, mengusung harga jual sekitar 70 dan 78 dolar AS atau setara IDR 980 ribu dan IDR 1.092.000 (kurs 14000).samsung z2 foto

Menilik harga jual di atas, bisa dibayangkan berapa harga jual smartphone Samsung Z2 saat mendarat nanti. Meski belum ada informasi seputar kocek yang mesti dirogoh konsumen Tanah Air untuk memboyongnya, tapi bisa dipastikan jika harganya berada di rentang IDR 900 ribu – sejutaan.

samsung z2 foto 2Sebagai salah satu smartphone 4G LTE, sudah barang tentu Samsung Z2 dirakit di Indonesia. Samsung sendiri memang diketahui memiliki pabrik perakitan yang memproduksi smartphone low cost buat pasar lokal. Smartphone ini sendiri sudah masuk dalam list di situs resmi Samsung Indonesia. Seri ini sendiri bakal menjadi perangkat pertama Tizen yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

samsung z2 indonesiaSmartphone Samsung Z2 sepertinya sengaja dihadirkan dengan berbagai fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan negara berkembang seperti India, Afrika termasuk Indonesia. Kita akan menemukan beberapa fitur khusus seperti Ultra Data Saving mode yang berfungsi untuk menghemat kuota internet. Tersedia juga S bike mode supaya pengendara motor lebih aman di jalan. Juga tertanam pula aplikasi My Money Transfer. Semuanya disuguhkan untuk mendongkrak adopsi smartphone di negara tersebut.

Soal spesifikasi, Samsung Z2 memang tak menyodorkan sesuatu yang menjanjikan. Lantaran harganya pun dipatok begitu murah. Seri ini lebih menyasar kalangan yang belum pernah memiliki smartphone dan ingin coba-coba. Juga mengakomodasi kebutuhan yang sebelumnya tak mampu membeli smartphone mahal karena terkendala kocek.

Samsung Z2 menyuguhkan bentang layar AMOLED 4 inci dengan resolusi 480×800 piksel. Di sektor dapur pacu, dibenami dengan prosesor quad core berclockspeed 1.5GHz. Untuk melengkapi performanya, Samsung menyisipkan RAM sebesar 1GB dan memori internal 8GB. Nah, buat ekspansi storage sang vendor juga menghadirkan slot kartu microSD yang bisa menampung kapasitas hingga 128GB.

Buat yang gemar menyimpan foto dalam ponsel, Samsung Z2 memiliki kamera berkekuatan 5MP di bodi belakangnya, serta kamera selfie dengan sensor VGA di area depan. Tak ketinggalan, smartphone yang memiliki dua slot SIM card ini dibenami dengan baterai berkapasitas 1500mAh. Supaya bertahan lebih lama, Samsung menyediakan fitur Ultra Power Saving.