ArenaLTE.com – Produsen asal Korea Selatan, LG, telah meresmikan varian smartphone terbarunya yang dijuluki dengan nama LG V20. Ponsel pintar yang masuk level menengah atas ini, diungkapkan hadir dengan beragam pembaharuan. Bukan lagi perihal spesifikasi yang ada di dalamnya, namun juga beberapa fitur baru turut dibenamkan produsen dalam smartphone LG V20.

Selain menjabarkan fitur terbaru, perusahaan elektronik ini pun mengklaim bahwa smartphone LG V20 merupakan perangkat pertama yang dilengkapi OS Android 7.0 Nougat. Apa saja yang menarik?

Smartphone LG V20 ini diperkuat dengan fitur tambahan baru, seperti halnya steady record 2.0, Hi-Fi Quad DAC, HD Audio Recorder dan fitur utama yang dapat dimanfaatkan pada bagian lensa kamera depan dan belakang. Pada bagian ini, LG menetapkan fitur wide-angle yang bisa digunakan untuk kamera depan maupun kamera utama yang terletak pada bagian belakang bodi.LG V20 (1)

Berikut ini beberapa fitur terbaru di smartphone LG V20

Steady Record

LG V20 yang didukung dengan performa kinerja dari Qualcomm Snapdragon 820 yang dikombinasikan dengan chipset X12 LTE, selain nyaman untuk berkomunikasi dan akses internet. Perusahaan meyakinkan bahwa ada fitur baru yang dijulukinya dengan nama Steady Record. Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk merekam gambar bergerak dengan lebih stabil dan tajam.

Steady record yang diklaim perusahaan dapat bekerja dengan sangat baik, dikarenakan adanya teknologi Electronic image stabilization (EIS) 3.0. Teknologi ini diungkapkan dapat mengurangi latency sync hanya dalam waktu 50 milidetik, sehingga mampu meningkatkan kualitas video dengan menyesuaikan obyek di frame. Selain itu juga, distorsi dari hasil tangkapan dapat diminimalisir dan menghasilkan gambar yang halus.

Hi-Fi Recording

Pengguna LG V20 pun kini dapat merekam video Hi-Fi yang dapat dioperasikan melalui pengaturan manual. Bahkan untuk menghasilkan tangkapan yang sempurna, pengguna bisa memanfaatkan low cut filter (LCF) untuk menghilangkan kebisingan sehingga kualitas audio bisa dihasilkan dengan baik.

Kebisingan suara yang biasanya menghias pada latar belakang pengambilan video, bisa diminimalisir sekaligus pengguna bisa menetapkan jarak rekam terendah. Teknologi LCF pun bisa dimanfaatkan pengguna untuk memfokuskan suara yang direkam. LG V20 mampu menangkap audio 24-bit/ 48 kHZ yang biasa dihasilkan pada perangkat video para profesional.

Hybrid Auto Focus

Dalam pengambilan gambar fungsi kamera bukan hanya bisa digunakan dalam mode otomatis, termasuk saat membidik obyek. Hal ini pun sepertinya dituangkan produsen dalam memproduksi LG V20, fitur fokus bisa dimanfaatkan pengguna secara otomatis maupun manual. Bahkan deteksi wajah akan bisa diambil langsung, ketika mode autofokus ini dijalankan untuk meminimalisir pengambilan goyang maupun obyek blur.

Second Screen

Fitur layar kedua yang pertama kali digunakan pada V10 sepertinya akan kembali hadir dengan pembaruan di LG V20 ini. Produsen memberikan fitur kecerahan dan font yang 50% lebih besar dibanding pendahulunya tersebut. Layar kedua ini akan hadir terletak persis di atas layar utama untuk melihat pemberitahuan dan peringatan kepada pengguna.

LG UX 5.0+

LG V20 hadir dengan antarmuka LG UX 5.0+ yang diklaim akan membuatnya lebih mudah untuk dioperasikan, seperti halnya fungsi multimedia yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. LG UX 5.0+ adalah versi upgrade dari LG UX 5.0 dan pertama kali diperkenalkan dan berjalan di Android 7.0 Nougat.