ArenaLTE.com ― Akhirnya, LG Electronics (LG) mengumumkan kehadiran smartphone LG V20 yang mulai tersedia pekan ini. Warga Korea Selatan yang merupakan kampung halaman LG bakal menjadi yang pertama dapat merasakan keunggulan LG V20. Berlanjut kemudian di belahan negara Amerika Utara, Asia, Amerika Latin serta Timur Tengah pada beberapa pekan berikutnya. 

Smartphone LG V20 merupakan yang pertama di dunia yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat sekaligus yang pertama dilengkapi fitur pencarian Google’s In Apps. “LG V20 dirancang untuk para pengguna yang ingin membuat konten yang tampak profesional serta membedakan dirinya dari perangkat pesaing dengan fitur-fitur visual dan audio yang berkelas profesional,” ujar Juno Cho, Presiden LG Electronics pada Mobile Communications Company.

Lebih lanjut, Juni menjelaskan seri V berasal dari insight untuk merancang sebuah perangkat yang tidak hanya bisa bersaing di segmennya namun juga dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna serta berada beberapa langkah di depan mereka.LG V20 (1)

Kecanggihan multimedia smartphone LG V20 dimulai dari sektor kamera. Kamera depan dan belakangnya dilengkapi dengan lensa wide-angle untuk menangkap bidang lebih luas. Kamera belakang mencakup bentang bidang 135 derajat, sedangkan kamera depan hingga 120 derajat. 

Kemampuan kamera LG V20 ini mendapat dukungan dua fitur utama. Pertama, Hybrid Auto Focus yang berguna untuk menghasilkan ketajaman gambar optimal. Sementara keberadaan fitur Auto Shot berguna bagi kemudahan melakukan swafoto (selfie). Pasalnya, fitur ini akan secara otomatis melakukan deteksi wajah yang kemudian memicu sensor foto untuk melakukan pengambilan gambar.

Smartphone LG V20 juga memiliki kemampuan merekam video handal lewat fitur Steady Record 2.0 yang dapat meminimalisir distorsi hasil gambar akibat kemungkinan goncangan dalam proses pengambilan gambar dengan Electronics Image Stabilization (EIS). Ponsel ini juga mengadopsi teknologi  Digital Image Stabilization (DIS) yang sepaket ddengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 820. 

 

Dari segi penampakan bodinya, smartphone LG V20 memadukan gaya ‘chic’ dengan daya tahan tinggi melalui penggunaan campuran alumunium AL6013 yang ringan namun memiliki karakter material dengan ketahanan lebih baik. Pada bagian atas dan bawah yang biasa menjadi titik kontak smartphone bila terjatuh diperkuat dengan Silicone Polycarbonate (Si-PC) untuk memenuhi uji daya tahan MIL-STD 810G Transit Drop Test yang dilakukan militer Amerika Serikat.

Meski sudah mulai tersedia pekan ini, namun harga dan tanggal ketersediaan akan diumumkan secara simultan di setiap negara tujuan. Belum ada informasi mengenai waktu peluncuran di Indonesia.