ArenaLTE.com – Rumor seputar keberadaan akhirnya terkuak. Di sela acara media gathering Lenovo yang berlangsung di Bali (17/12), Anvid Erdian, 4P Manager Lenovo Indonesia, memamerkan smartphone 4G LTE tersebut yang akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat. Menurutnya, ponsel pintar ini sangat layak ditunggu karena spesifikasinya yang mumpuni terutama kapasitas baterai yang super besar.

“Smartphone yang merupakan kakak dari seri Lenovo Vibe P1m ini memiliki kapasitas baterai yang lebih besar lagi, yaitu 5.000 mAh. Dari pengujian yang pernah kami lakukan, Lenovo Vibe P1 sanggup bertahan hingga 81 jam atau lebih dari 3 hari,” klaimnya. Bagaimanapun juga, Anvid menambahkan, daya tahan baterai berbeda-beda tiap individu tergantung pemakaian dan kondisi jaringan.

smartphone lenovo-vibe p1
Tampilan smartphone lenovo-vibe p1

Kendati demikian, smartphone ini tetap lebih awet dibanding kebanyakan smartphone saat ini. Terlebih dengan adanya fitur ‘Power Saving Mode’ di mana saat daya baterai melemah, pengguna masih bisa menggunakan ponsel tersebut selama belasan jam lamanya. “Saya pernah mengalami ketika baterai sudah hampir habis sekitar 11%, kemudian coba mengaktifkan Power Saving Mode dan ponsel ini masih bisa digunakan selama 13 jam,” ujar Anvid.

Selain kapasitas baterai super besar dan Power Saving Mode yang membuatnya bisa tahan digunakan berhari-hari, smartphone Lenovo Vibe P1 juga dibekali dengan fitur Turbo Charge. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses isi daya (charging) baterai. Perusahaan mengklaim untuk pengisian baterai dari 0 sampai 80% hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Tak hanya urusan baterai yang memang menjadi andalan seri P (power), tapi smartphone Lenovo Vibe P1 ini juga dikemas dengan unibody yang apik berbahan metalik. Bagian belakangnya sekilas mengingatkan dengan desain HTC One yang ikonik. Hebatnya, meski baterai yang dibenamkan berukuran besar, tapi bodynya masih tergolong tipis yakni 9,9″ saja. Disinyalir ini adalah penggunaan desain unibody sehingga Lenovo baterai bisa diatur sedemikian rupa agar benar-benar memaksimalkan ruang di dalam kabin ponsel.

lenovo vibe p1 back
Body belakang Lenovo Vibe P1

Spesifikasi smartphone Lenovo Vibe P1 pada bagian display memakai layar berukuran 5,5″ dengan resolusi Full HD 1080p. Sementara itu pada bagian dapur pacunya disokong oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1.5 GHz dengan RAM 3GB. Pasar Indonesia cukup beruntung karena mendapat kapasitas memori RAM yang cukup besar 3GB. Karena di beberapa negara lainnya, Lenovo Vibe P1 hanya mengandalkan RAM 2GB. Sementara itu memori internalnya 32GB yang masih bisa diperluas dengan memori eksternal hingga 128 GB.

Tak hanya itu saja, smartphone Lenovo Vibe P1 merupakan ponsel perdana Lenovo yang telah memakai teknologi fingerprint reader untuk keamanan data. Karena itulah, ponsel ini memiliki tombol Home di bagian depan yang mana pada sebagian besar smartphone Lenovo tidak memiliki tombol fisik di bagian depan.

Sayangnya, Anvid masih merahasiakan kehadiran ponsel ini di pasar. “Kami belum bisa beritahu tanggal pastinya. Yang pasti tidak lama lagi. Begitupun dengan harganya masih belum bisa di-share. Jadi, tunggu saja ya,” pungkas Anvid.