ArenaLTE.com – Seperti sudah diprediksi banyak kalangan, Huawei Mate 8 akhirnya resmi diungkap. Spesifikasi smartphone Huawei Mate 8 yang dijuluki ‘most advanced flagship smartphone’ oleh perusahaan tersebut muncul sesuai dengan bocoran dan teaser yang muncul. Antara lain didukung chipset buatan sendiri Kirin 950 dan mendukung layar IPS full HD seluas 6 inci.

Smartphone Huawei Mate 8 merupakan flagship terbaru dari sang vendor yang sudah dibenami dengan prosesor octa core Kirin 950. Diperkuat dengan empat inti Cortex-A72 yang powerful memiliki clockspeed 2.3 Ghz serta empat inti Cortex-A53 tambahan yang hemat daya dengan clockspeed 1.8 GHz. Chipset ini sudah diperkuat dengan GPU Mali T880MP4 yang mampu mendongkrak kinerja grafis hingga level tertinggi.

Ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan co-prosesor i5 yang mendukung speech recognition, low power consumption MP3, semua fungsi dari sensor hub, navigasi fused location provider (FLP) dan mengurangi konsumsi power untuk location-based. Chipset tersebut diproduksi menggunakan proses 16nm FinFET besutan SMC.
Baca juga: Huawei Pamerkan Baterai Fast Charging Untuk Smartphone

Soal desain, smartphone Huawei Mate 8 dirancang dari aluminium dengan grade yang biasa dipakai untuk keperluan aerospace. Untuk layarnya didukung dengan layar kaca diamond glass 2.5D. Huawei Mate 8 juga hadir dengan sensor sidik jari di bagian belakang bodi.

Di bagian software, handset ini sudah mendukung sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang diatasnya berjalan antarmuka EMUI 4.0. Menawarkan beragam fitur terkini mulai dari voice control, power-saving firewall, defragmenter dan eRecovery.

Aspek fotografi di smartphone ini sudah relatif menjanjikan. Kamera utama di smartphone Huawei Mate 8 yang terletak di sektor belakang mengandalkan sensor IMX298 resolusi 16MP. Selain itu di bagian depan sudah menawarkan kamera dengan resolusi 8MP. Sementara sektor konektivitas sudah pasti lengkap mulai dari jaringan 4G LTE, Bluetooth, Wifi, GPS dan lain-lain.

Baterai smartphone Huawei Mate 8 memiliki kapasitas 4000 mAh , sudah cukup besar untuk mendukung performa smartphone. Huawei Mate 8 bakal ditawarkan dalam tiga varian yakni 3GB/32GB, 4GB/64GB dan 4GB/128GB. Dipatok dengan harga mulai dari 480 dolar AS, 590 dolar AS dan 700 dolar AS. Warna yang ditawarkan mulai dari Champagne Gold, Moonlight Silver, Space Gray dan Mocha Brown. Seri ini baru akan tersedia di Tiongkok.