ArenaLTE.com – Terlepas dari bisnis utamanya sebagai manufaktur alat-alat berat dan konstruksi, Caterpillar adalah label brand dengan positioning yang kuat untuk produk-produk outdoor yang tangguh. Selain sepatu, ternyata mereka juga memproduksi Caterpillar smartphone. Bahkan saking tangguhnya, infanteri TNI AD pun menggunakan Caterpillar B15 sebagai unit termimal pada solusi Battle Management System (BMS). Kini mereka kembali merilis produk terbarunya smartphone Caterpillar CAT S40 yang berbasis Android.

Sebagai perangkat outdoor yang tangguh, smartphone Caterpillar CAT S40 sudah mengusung sertifikat IP68 dan standar militer MIL-STD-810G. Serfikasi tersebut merupakan sertifikasi wajib untuk sebuah smartphone yang ingin memiliki ketahanan yang baik.Buktinya, Caterpillar Cat S40 mampu bertahan dan kuat meski dibanting atau dijatuhkan dari ketinggian 1,8 meter.

Smartphone Caterpillar CAT S40 dibekali bentang layar 4.7 inchi dengan resolusi qHD 960 x 540 pixels IPS Super Bright.  Kerapatan layarnya mencapai 234 ppi (pixel per inch). Untuk perlindungan pada layar, sudah mengadopsi Corning Gorilla Glas 4.

Sayangnya untuk prosesor, Caterpillar Cat S40 tidak menggunakan prosesor papan atas. Tipe prosesor yang digunakan adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 210 quad-core ARM Cortex-A7. Kapasitas RAM (Random Acccess Memory) pun hanya 1GB. Dari spesifikasi tersebut, jelas bahwa performanya memang tidak terlalu kencang tapi masih cukup bisa diandalkan untuk menjalankan beberapa games kelas menengah.

Pada sektor fotografi, smartphone Caterpillar CAT S40 didukung dengan kamera 8MP pada bagian belakang. Sementara pada bagian depan, tersemat kamera 2MP.  Untuk konektivitas, smartphone dengan OS Android 5.0 Lolipop ini juga sudah cukup mumpuni. Caterpillar Cat S40 sudah mendukung 4G LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, dual SIM, dan 3G HSPA.Tersedia juga slot microSD sampai 32GB, jika memori internal 16GB yang diusungnya terasa kurang. Harga banderol smartphone ini adalah 439 euro.