ArenaLTE.com – Teknologi jaringan 4G LTE menjadi celah baru yang dimanfaatkan banyak pelaku industri telekomunikasi. Produsen ponsel pun ikut meramaikan pasar baru ini dengan menghadirkan produk baru. Salah satunya adalah Advan, menghadirkan smartphone 4G LTE baru yang menggandeng Barcelona dalam seri Advan Barca i5A dengan harga IDR1,9 jutaan.

Meski diakui cukup terlambat masuk Indonesia, namun produsen percaya bisa merangkul konsumen Tanah Air yang diungkapkan cukup unik. Perusahaan mengklaim bahwa dengan menggandeng klub sepakbola ternama seperti Barcelona, bisa menjadi nilai kunci penjualan produknya saat ini.

“Kami menggunakan ambassador Barcelona, karena klub sepak bola yang berbasis di Camp Nou, Spanyol ini sudah cukup dikenal banyak orang. Terutama dengan para pemainnya yang sudah cukup dikenal. Soalnya, jika brand nasional seperti pemain Indonesia, Evan Dimas, kemungkinan belum banyak dikenal terlebih untuk orang yang tidak suka bola,” jelas Andy Gusen, Brand Director Advan, di sela acara peluncuran produk, di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Advan i5ADirinya berharap bahwa ada dukungan baik dari pihak luar seperti media, sehingga bisa mengenalkan produk lokal ini ke pengguna gadget Tanah Air. Seperti halnya pengenalan atau informasi mengenani keunggulan produk yang cukup diakui diluar, para pemain Barcelona juga diungkapkan turut menjadi bagian yang mengakui keunggulan Advan Barca i5A ini.

“Selain dukungan konektivitas 4G yang bisa digunakan pada kedua slot SIM card yang ada, dukungan baterai kapasitas 2.200 mAh juga bisa memberikan waktu standby  produk hingga 1 hari. Sementara untuk penggunaan pemutaraan video, Advan i5A bisa digunakan dalam waktu 30 jam,” jelas Andy Gusena menambahkan.

Dalam acara pengenalan produk Advan Barca i5A ini, perusahaan juga mengungkapkan bahwa ke depannya masih memiliki 10 produk 4G LTE lainnya yang akan turut diperkenalkan. Ada beragam varian perangkat yang nantinya akan diluncurkan perusahaan, dengan dimensi layar yang berbeda.

“Totalnya nanti ada sepuluh produk lagi yang menggunakan 4G LTE, akan diperkenalkan Advan. Dari ukuran 4,5 inci hingga 10 inci, baik smartphone, tablet, maupun, phablet yang akan dikeluarkan lagi nanti oleh perusahaan pada 2016,” tambah Tjandra lianto, Marketing Director Advan.

Namun sayangnya, Tjandra mengakui pihaknya masih terkendala dengan aturan regulasi baru tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang ditentukan Pemerintah. Pihaknya mengungkapkan bahwa meski pabrik perakitan ponsel ada di Indonesia, di daerah Semarang, tetapi perusahaan masih menggunakan aturan regulasi TKDN lama.

“Saat ini kita masih menggunakan aturan TKDN lama, yakni masih sebatas 20% dan berharap masih akan berjuang untuk memasukkan barang lagi untuk regulasi TKDN lainnya,” tutup Tjandra.