ArenaLTE.com – Samsung memang vendor yang sangat agresif. Selain tak mau kalah set dengan para rivalnya di segmen premium, vendor ponsel asal Korea Selatan ini juga terus menekan di segmen tengah ke bawah. Salah satu produk yang baru-baru ini menggelontor dari ruang inkubasi mereka adalah Samsung Galaxy J2. Selidik punya selidik, ternyata smartphone 4G LTE untuk segmen menengah bawah ini sudah beredar secara diam-diam lho di Indonesia. Beneran nih?

samsung galaxy j2Yups, Samsung Galaxy J2 yang sudah resmi meluncur di India ini ternyata juga mulai menyusup ke Indonesia dengan cara mengendap-endap. Meski belum secara resmi diluncurkan Samsung Indonesia, kita sudah mulai bisa menemukan Samsung Galaxy J2 di pasaran. Harga Samsung Galaxy J2 dipatok sekitar IDR 1,95 juta hingga IDR 2,15 juta dan dapat diburu di beberapa toko online (marketplace) seperti Tokopedia.
Baca: Hands On: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8

Menariknya, varian J Series yang ramah budget dan ringan di kantong ini ternyata menggandeng operator 4G LTE: Smartfren. Jadi, konsumen yang berminat membeli Samsung Galaxy J2 bakal mendapatkan kartu perdana (starterpack) Smartfren 4G LTE-Adavanced secara gratis. Jika ditelusuri, maka strategi yang dilakukan ini identik dengan kerjasama antara Samsung Galaxy J5 dan Bolt beberapa waktu lalu.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2 sudah mengalami peningkatan spesifikasi dari pendahulunya Galaxy J1. Soal display, smartphone ini hadir dengan diagonal 4,7 inci qHD Super AMOLED. Performanya di sektor display tak terlalu menonjol tapi patut dimaklumi mengingat seri ini masuk kategori produk dengan banderol harga terjangkau.

Untuk jeroannya, Samsung Galaxy J2 sudah mengadopsi chipset quad core berclockseed 1.3 GHz Exynos 3475. Didampingi dengan RAM 1B yang kini lebih banyak menjadi amunisi segmen entry level. Dibenamkannya prosesor kelas menengah bawah ini seperti tak terlalu menjadi persoalan mengingat konsumen yang dibidik memang kalangan menengah bawah.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 di sektor kamera pun tak terlalu mewah, perusahaan menyusupkan kamera utama berkekuatan 5MP f/2.2 di bagian belakang bodi serta di panel depan ditanamkan kamera berkekuatan 2MP, f/2.4. Smartphone ini meengedepankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang tentu menjadi nilai lebih buat penggunanya. Bicara konektivitas, tak diragukan jika Samsung Galaxy J2 adalah smartphone 4G LTE dengan dukungan jaringan lengkap FDD-LTE dan TDD-LTE. Selain mendukung jaringan Smartfren, minimal support layanan operator seluler (Telkomsel, XL, Tri, Indosat).

Baterainya mengandalkan kapasitas 2000 mAh termasuk standar untuk menyuplai kebutuhan energinya. Menariknya, Samsung Galaxy J2 merupakan smartpone dual SIM card yang sudah didukung fitur unik bernama Ultra Data Saving Mode. Merupakan pengembangan fasilitas R&D Samsung di India dan beberapa elemen penting dari OS dan UI secara spesifik disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan lokal.