ArenaLTE.com – Pekan lalu, Smartfren resmi meluncurkan VoLTE, layanan komunikasi suara berbasis 4G LTE. Agar bisa menikmati layanan tersebut, tentu dibutuhkan perangkat yang memadai dalam hal ini smartphone. Karena itu, di kesempatan yang sama Smartfren juga meluncurkan smartphone yang telah mendukung 4G LTE. Ada dua yang diperkenalkan yaitu Smartfren Andromax E2 dan Andromax R2. Keduanya menyasar segmen yang sedikit berbeda yaitu kelas mengenah untuk Andromax R2 dan kelas entry level untuk smartphone Andromax E2.
Baca: Andromax R2, Smartphone VoLTE Harga 1 Jutaan

Sekarang fokus kita adalah di Smartfren Andromax E2. Apa yang paling menarik dari ponsel ini? Jawabannya: harga dan VoLTE. Karena dengan hanya merogoh kocek sebesar IDR 899.000, kita sudah bisa menggondol pulang smartphone 4G LTE yang telah mendukung VoLTE. Mungkin ada beberapa smartphone dengan kisaran harga di bawah satu jutaan yang sudah memiliki koneksi 4G LTE. Tapi yang memiliki kemampuan VoLTE, untuk saat ini hanya Smartfren Andromax E2.

Smartfren membekali Andromax E2 dengan jaringan 4G LTE FDD (Frequency Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex) serta fitur VoLTE yang pada umumnya hanya disematkan pada ponsel pintar kelas premium. Tidak hanya didukung dengan fitur canggih berbasis internet, ponsel pintar ini juga menggunakan OS Android Lollipop dengan friendly user interface yang mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi pengguna entry-level.

smartfren andromax E2

Produk yang ditujukan bagi pengguna ponsel pintar kelas pemula ini telah memiliki layar LCD berukuran 4,5 inchi yang telah dilengkapi dengan fitur smart screen yang memungkinkan pengguna untuk membuka layar dengan mengetuknya sebanyak dua kali saja. E2 juga memiliki dua buah kamera depan dan belakang beresolusi 5 MP yang telah dilengkapi dengan LED Flash untuk memastikan pengguna dapat mengabadikan momen dengan baik meskipun dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Dibanderol dengan harga terjangkau, Andromax E2 telah didukung oleh berbagai koneksi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS serta menggunakan prosesor Snapdragon 212 Quad Core milik Qualcomm.

Nah, meski Smartfren Andromax E2 dan Andromax R2 ini dilahirkan bersamaan, namun keduanya memiliki ibu kandung yang berbeda. Seri Andromax R2 dilahirkan oleh Hisense, sedangkan Andromax E2 diproduksi oleh Haier. Dua ibu kandung ini akur menyediakan perangkat untuk mendukung Smartfren yang telah menggelar layanan 4G LTE di 85 kota di seluruh Indonesia.

Asyiknya lagi, Smartfren telah melengkapi Andromax R2 & E2 dengan paket internet True Unlimited untuk memastikan agar pelanggan memperoleh layanan internet yang memuaskan. Paket True Unlimited merupakan paket internet pertama di Indonesia yang memberikan kecepatan internet full speed 4G tanpa dibatasi oleh waktu dan kuota, sehingga pelanggan dapat melakukan aktivitas berbasis internet dengan lancar dan bebas, seperti menonton streaming video dengan kualitas high definition (HD).
Baca: Smartfren True Unlimited, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat

Spesifikasi Smartfren Andromax E2

Hardware:
Network : LTE TDD B40, FDD B5 & B26, CDMA2000-1X EVDO Rev.A, WCDMA 850/900/2100MHz GSM 900/1800/1900MHz CDMA 1X/EV-800MHz
UIM/SIM : Dual SIM Slot (VoLTE Capable)
Processor : Qualcomm Snapdragon 212 Quad Core 1.3GHz Cortex A7
GPU : Adreno 304 GPU
Memori :  1GB RAM + 8 GB ROM (storage), support microSD 32GB
Battery : 2000 mAh

Display:
Size : 4,5 inchi FWVGA
Type: touchscreen
Protection : Smart Screen Feature

Camera:
Rear : 5.0 MPix (AF) BSI with LED FLASH
Video Recording : HD (720P) Video Recording
Front : 5.0 MP wide angle with LED Flash

Software:
OS: Android 5 (Lollipop)
Audio: DTS Sound Enhancer
Features: Dual SIM (4G LTE+GSM), Gryroscope sensor, kinectic shooter, smart gesture, Castscreen, OTG, stereo FM