Smart Presence, Aplikasi Sekolah Pintar dari Bimasakti dan Indosat Ooredoo

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Pergerakan Indosat Ooredoo dalam memberikan solusi ICT dalam dunia pendidikan Tanah Air memang perlu diacungkan jempol. Setelah menggelar lomba coding bagi anak, kini perusahaan menggandeng banyak Sekolah Tingkat Menengah dan Kejuruan Bali dan komunitas Biasakti dalam pengenalan layanan digital Smart Presence.

Smart Presence diklaim dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah terdiri dari aplikasi untuk mencatat absensi atau kehadiran siswa secara otomatis dengan modul pendeteksi wajah (face detection), server cloud untuk menyimpan data absensi, SMS gateway untuk memberikan laporan kehadiran siswa kepada orang tua, dan juga aplikasi kehadiran yang dapat diakses melalui smartphone maupun perangkat komputer.

Tidak hanya itu, dalam layanan Smart Presence ini juga dilengkapi dengan bundling gawai (smartphone atau tablet) dan paket prabayar seluler dari Indosat Ooredoo Business sehingga siswa dapat berkomunikasi gratis ke sesama murid, guru dan orang tua yang tergabung dalam komunitas Bimasakti.

Dengan adanya aplikasi pendidikan ini, diharapkan ada motivasi dari siswa yang dapat meningkat karena siswa dapat memanfaatkan perangkat pintarnya untuk belajar di sekolah maupun di luar sekolah. Orang tua murid juga akan memperoleh manfaat dari digitalisasi pendidikan dengan memonitor aktivitas dan kegiatan belajar anaknya selama mengikuti pendidikan di sekolah.

smart-presence-isat

BACA JUGA:
Indosat Ooredoo D-Pay Solusi Pembayaran Mobile Pelaku usaha
Kembali Gelar Program Coding Anak, Indosat Ooredoo Berharap Tumbuh Kreator Tanah Air



“Dengan ‘Digital Presence’ yang dilengkapi oleh gawai dan paket prabayar dari Indosat Ooredoo, kami berharap layanan ini dapat memberikan manfaat serta dampak positif pada dunia pendidikan, dan menjadi solusi peningkatan kualitas pendidikan dan metode belajar yang lebih efektif dan modern serta dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah area Bali. Tentunya akan meningkatkan komunikasi yang efektif antara sekolah, siswa dan orang tua murid, sehingga memudahkan dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas belajar para siswa” pungkas Rizkant, Division Head Key Account Regional Indosat Ooredoo Business.

Ir. Ida Bagus Surya Sanjaya Direktur Utama PT. Bima Sakti Sanjaya mengatakan, “Perkembangan aplikasi pendidikan ini mengalami kemajuan yang pesat, karena hal ini ditujukan agar siswa memiliki bekal kemampuan untuk mengenal, berinteraksi, dan memahami dunia teknologi informasi dan komunikasi yang baik. Sehingga pemanfaatan aplikasi ini pun diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh semua pihak.”

Kedepannya diharapkan kerjasama dalam hal layanan digital di dunia pendidikan akan terus berkembang untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan tantangan serta trend telekomunikasi global yang saat ini berkembang dengan cepat. Indosat Ooredoo Business dan Bima Sakti Sanjaya akan terus berkolaborasi menggarap peluang kerjasama lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas terutama dalam membangun smart citizen.

“Kerja sama ini menjadi salah satu upaya bagi kedua belah pihak sebagai langkah awal bersama untuk membangun smart citizen atau smart society guna mempersiapkan masyarakat dan generasi muda dalam menghadapi program smart city yang pasti akan digagas oleh pemerintah,” tutup Rizkant.

Leave a Comment