ArenaLTE.com – Awal bulan ini, beredar kabar jika Samsung Z2 yang mengusung sistem operasi Tizen muncul di Afrika bersamaan dengan diluncurkannya seri flagship Samsung Galaxy Note 7. Nah, akhirnya sebuah video resmi seputar Samsung Z2 ini beredar dengan memajang beberapa fitur andalan yang tersemat di dalamnya.

Video ini mengungkap beberapa aspek seputar Samsung Z2 mulai dari gaya desain yang digunakan serta slogan “smart, fast, performance” yang dipakainya. Kabar baiknya, ponsel pintar kelas entry level yang berbasis sistem operasi Tizen tersebut akan segera masuk Indonesia. “Dalam waktu dekat, Samsung Z2 akan segera masuk Indonesia. Tunggu saja undangan dari kami,” ujar sumber dari Samsung Indonesia kepada ArenaLTE.com.

Handset yang dibungkus material plastik ini menawarkan back cover berkonsep ‘interchangeable’ alias bisa digonta-ganti. Yang paling penting, Samsung Z2 sudah mendukung konektivitas 4G LTE sehingga akses internet bisa dinikmati dengan elbih nyaman.

Nah, buat yang gemar ber-internet-an tapi ingin tetap irit data, smartphone ini juga disuntik fitur Ultra data saving mode. Kemudian ditanamkan pula aplikasi My Money Transfer yang memungkinkan berkirim yang ke akun lain.

samsung z2 bBelum ada spesifikasi resmi untuk versi Indonesia. Namun smartphone ini dipercaya bakal mengusung layar sentuh AMOLED 4 inci dan ditenagai prosesor quad core berclockspeed 1.5GHz. Sementara untuk memorinya Samsung membenamkan RAM dengan besaran 1GB dan memori internal 8GB.

Dalam video juga diperlihatkan bahwa Samsung Z2 mengandalkan kamera belakang berkekuatan 5MP. Di sektor depan sang vendor kemungkinan menyematkan kamera setara VGA buat keperluan selfie dan video chat. Sayangnya, baterai yang terbenam dalam ponsel ini hanya berkapasitas 1500mAh.

Oh ya, Samsung Z2 akan dijejali dengan OS Tizen 2.4 yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp dan Facebook. Smartphone ini juga sepertinya bakal meluncur di kawasan Afrika Selatan dan India.

Saat Galaxy Note 7 meluncur awal bulan lalu di Afrika, sang vendor juga menyisipkan info seputar Samsung Z2. Spesifikasi yang disematkan tak jauh berbeda dengan yang muncul dalam video. Mulai dari ukuran layar sampai memori yang disiapkan.

Seri ini hadir membidik segmen entry level meneruskan rangkaian seri berbasis OS Tizen dari Samsung. Tahun lalu, Samsung merilis Samsung Z1 berlayar 4 inci serta Samsung Z3 yang mengadopsi layar 5 inci. Namun seri tersebut tidak masuk Indonesia.