ArenaLTE.com – Akhirnya Samsung mengungkap senjata terbaru mereka yang berbasis OS Tizen. Adalah Samsung Z2 yang resmi dipajang oleh sang vendor setelah sebelumnya muncul dalam video singkat. Seri ini sendiri bakal menjadi perangkat pertama Tizen yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Samsung Z2 segera mendarat di India pada 29 Agustus dan kemudian segera merambah ke beberapa negara berkembang.

Di India, Samsung Z2 akan dipasarkan dengan banderol sekitar 4590 rupee atau setara IDR 918.000 (kurs 200). Tapi harganya tentu tak ada sama di negara lain karena tergantung kurs dan kondisi yang berlaku. Bisa saja kalau masuk Indonesia harganya lebih murah atau bahkan lebih mahal.

samsung z2 fotoSamsung Z2 sepertinya sengaja dihadirkan dengan berbagai fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan negara berkembang seperti India. Sebagai contoh, kalian akan menemukan beberapa fitur khusus seperti Ultra Data Saving mode yang berfungsi untuk menghemat kuota internet. Tersedia juga S bike mode supaya pengendara motor lebih aman di jalan. Juga tertanam pula aplikasi My Money Transfer. Semuanya disuguhkan untuk mendongkrak adopsi smartphone di negara tersebut.

Soal spesifikasi, Samsung Z2 memang tak menyodorkan sesuatu yang menjanjikan. Lantaran harganya pun dipatok begitu murah. Seri ini lebih menyasar kalangan yang belum pernah memiliki smartphone dan ingin coba-coba. Juga mengakomodasi kebutuhan yang sebelumnya tak mampu membeli smartphone mahal karena terkendala kocek.

Samsung Z2 menyuguhkan bentang layar AMOLED 4 inci dengan resolusi 480×800 piksel. Di sektor dapur pacu, dibenami dengan prosesor quad core berclockspeed 1.5GHz. Untuk melengkapi performanya, Samsung menyisipkan RAM sebesar 1GB dan memori internal 8GB. Nah, buat ekspansi storage sang vendor juga menghadirkan slot kartu microSD yang bisa menampung kapasitas hingga 128GB.

samsung z2 foto 2

Buat yang gemar menyimpan foto dalam ponsel, Samsung Z2 memiliki kamera berkekuatan 5MP di bodi belakangnya, serta kamera selfie dengan sensor VGA di area depan. Tak ketinggalan, smartphone yang memiliki dua slot SIM card ini dibenami dengan baterai berkapasitas 1500mAh. Supaya bertahan lebih lama, Samsung menyediakan fitur Ultra Power Saving.

Oh ya, Samsung Z2 sudah mendukung jaringan 4G LTE, jadi kalian bisa menikmati internet super ngebut di ponsel murah ini. Seri berbasis OS Tizen versi terbaru 2.4 ini juga didukung konektivitas standar seperti Wi-fi, Bluetooth dan port USB. Buat peminatnya, Samsung menawarkan tiga pilihan warna yakni Gold, Black dan Wine Red.