ArenaLTE.com – Minat konsumen pada wearable device seperti smartwatch dan fitness band kian meningkat. Mengingat penggunaannya yang kian kompleks dengan waktu pakai yang semakin lama, membuat isu baterai wearable device menjadi mengemuka. Bila baterai pada smartphone dan tablet dapat dapat ditingkatkan kapasitasnya, mestinya begitu juga dengan yang di smartwatch dan fitness band.

Belum lama ini Samsung, pembuat perangkat elektronik dari Korea Selatan, meluncurkan dua produk baterai wearable device baru di ajang InterBattery 2015 di Seoul. Kedua produk ini diposisikan untuk meningkatkan daya tahan baterai wearable device. Sehingga pengguna dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan menggunakan smartwatches dan fitness band. Tentu ini bukan terobosan yang mudah, mengingat ukuran smartwatch dan fitness band yang relatif kecil.

Dikutip dari hothardware.com (24/10/2015), Samsung menyebutkan baterai wearable device Stripe yang diusungnya menggunakan “cutting-edge materials,” baik secara internal maupun eksternal, sehingga punya desain yang ultra slim 0,3 mm.

Untuk membuat bentuk yang ramping, Samsung juga mengatakan diminimalkan lebar penyegelan baterai wearable device untuk membuat kepadatan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan baterai yang ada.

Hebatnya, baterai Stripe mampu ditekuk dan dibentuk menjadi berbagai faktor. Jenis batetai ini punya kelenturan untuk digunakan pada beragam jenis wearable devices lain, seperti seperti kalung, hairbands, aksesoris t-shirt, dan apa pun yang akan tercipta di masa datang.

Sementara jenis baterai lain yang dipamerkan Samsung adalah jenis band. Batetai ini dirancang khusus untuk digunakan pada smartwach, Samsung mengatakan baterai Band yang fleksibel meningkatkan kapasitas lebih dari 50 persen. Baterai Stripe dan Band, keduanya saat ini masih dalam kategori prototipe. Pihak Samsung tidak menyebut kapan mereka siap untuk merilis produk ini untuk ditawarkan secara massal.

Tak mau ketinggalan dari Samsung, LG Electronics pun tak tinggal diam dalam pengembangan baterai wearable device. LG Chem telah mengembangkan baterai berbentuk hexagonal untuk smartwatch. Baterai tersebut memiliki kapasitas 25 persen lebih besar dibandingkan dengan baterai persegi panjang yang saat ini tersedia.

LG dikabarkan mulai menawarkan baterai baru tersebut kepada produsen perangkat keras di seluruh dunia. LG Chem sendiri telah bekerja sama dengan raksasa teknologi yang tidak disebutkan namanya pada pengembangan komponen baterai hexagonal tersebut.