ArenaLTE.comSamsung Electronics pekan ini telah mengumumkan tersedianya perangkat virtual reality Samsung Gear VR lewat pre order untuk wilayah Amerika Serikat. Samsung Gear VR generasi baru merupakan ini merupakan hasil kerjasama vendor Korea Selatan ini dengan Oculus.

Samsung Gear VR model baru memiliki desain seperti dua headset virtual reality yang pernah dibuat Samsung sebelumnya. Bedanya, Samsung Gear VR model baru ini memiliki desain trackpad baru, dibanderol dengan harga lebih murah, yaitu US$99 dan kompatibel dengan lebih banyak smartphone Samsung Galaxy.
Baca juga: Samsung Kembangkan Bio Prosesor untuk Smart Wearable

Sebagai aksesori keluaran baru, Samsung Gear VR dirancang kompatibel dengan smartphone andalan Galaxy Note 5, Galaxy S6 edge+, Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge. Gear VR memanfaatkan layar super AMOLED untuk memberikan warna, kejelasan dan kinerja yang dibutuhkan dalam pengalaman virtual reality. Sementara dua headset yang dirilis sebelumnya masing-masing hanya kompatibel dengan Galaxy Note 4 atau Galaxy S6. Dengan perangkat Samsung Galaxy yang disebutkan dan Samsung Gear VR model baru, pengguna sudah dapat memasuki dunia virtual reality yang diusung Samsung dan Oculus.

“Samsung telah membuktikan kepemimpinannya dalam industri ponsel, salah satunya dengan memberikan jutaan akses Samsung Galaxy untuk menikmati pengalaman memakai virtual reality termasuk game immersive, kemampuan untuk menjelajahi foto-foto yang indah dan video menarik dalam moda 360 derajat dan masih banyak lagi,” kata Nick DiCarlo, Wakil Presiden, Immersive Produk dan Virtual Reality Samsung Electronics America. Lebih lanjut disebutkan, Kualitas pengalaman VR yang disediakan smartphone Galaxy dan aplikasi Oculus belum tertandingi saat ini.

Sementara itu Max Cohen, Head of mobile Oculus mengatakan ini adalah momen penting untuk memperkenalkan virtual reality di ponsel. “Orang-orang di seluruh dunia sekarang dapat mengubah ponsel mereka ke dalam sebuah pengalaman VR mendalam dengan membuat-untuk-VR game dan ribuan menakjubkan 2D, 3D dan 360 derajat video dan film,” kata Max.

Samsung Gear VR generasi baru punya berat 19 persen lebih ringan dari generasi sebelumya. Selain itu ada tambahan bantalan busa baru untuk membuat perangkat lebih nyaman dipakai. Touchpad pada Samsung Gear VR juga telah diperbaiki, memberikan kontrol yang lebih besar dan navigasi yang lebih mudah sambil menikmati berbagai film, game, video 360 derajat dan konten menarik.

Samsung Gear VR saat ini tersedia untuk pre-order di Samsung.com, Amazon.com dan BestBuy.com, dan akan mulai dikirimkan pada 20 November mendatang. Gear VR akan dijual secara retail dengan bandrol US$ 99,99 atau sekitar IDR 1.330.000. Cukup terjangkau jika dibandingkan dengan sensasi virtual reality yang bakal diperoleh.